7 Gejala Penyakit Gagal Ginjal yang Perlu Diwaspadai, Salah Satunya Kelelahan

Minggu 08-09-2024,18:04 WIB
Reporter : Neng Erlin
Editor : Ria Sofyan

BETVNEWS - Gejala penyakit gagal ginjal perlu dikenali dan diwaspadai agar masalah kesehatan yang satu ini dapat segera terdeteksi sebelum terlambat. 

BACA JUGA:KPU: Seluruh Persyaratan Bapaslon Bupati-Wakil Bupati Seluma Dinyatakan MS

BACA JUGA:6 Rekomendasi Moisturizer untuk Kulit Kombinasi, Salah Satunya CeraVe

Penyakit gagal ginjal atau dikenal juga dengan istilah gagal ginjal kronis merupakan kondisi kesehatan serius yang memengaruhi kemampuan ginjal untuk berfungsi dengan baik. 

Ginjal merupakan organ vital di bagian belakang perut yang bertanggung jawab untuk menyaring limbah dan kelebihan cairan dari darah. 

Ketika ginjal tidak berfungsi dengan optimal, maka tubuh akan mengalami penumpukan racun yang bisa mengganggu keseimbangan cairan dan elektrolit serta memengaruhi berbagai sistem tubuh lainnya.

BACA JUGA:Peringati Hari Kontrasepsi Sedunia 2024, Pemkot Bengkulu Sediakan Layanan KB Gratis

BACA JUGA:7 Cara Ini Bisa Penderita Hipotensi Lakukan, Cukup Rutinkan Biar Makin Sehat

Mendeteksi gagal ginjal bisa menjadi tantangan karena gejala awal seringkali tidak spesifik dan mirip dengan masalah kesehatan lainnya. 

Hal ini membuat pemantauan kesehatan ginjal menjadi sangat penting, terutama bagi individu yang memiliki risiko tinggi, seperti penderita diabetes atau hipertensi. 

Mengetahui tanda-tanda awal dari gagal ginjal memungkinkan deteksi dini dan penanganan yang tepat, yang dapat mencegah kerusakan lebih lanjut dan komplikasi serius.

BACA JUGA:Keluarga Besar Kampret Elit dan Komunitas Lintas Ojol Dukung Helmi-Mian di Pilgub Bengkulu 2024

BACA JUGA:Ini Manfaat Minuman Golden Milk yang Jarang Diketahui, Dipercaya Dapat Meningkatkan Kesehatan Tulang

Oleh sebab itu, penting untuk memperhatikan perubahan kecil dalam kondisi tubuh dan menjalani pemeriksaan medis secara berkala. 

Dengan pemahaman yang lebih baik mengenai gejala gagal ginjal, individu dapat mengambil langkah-langkah untuk mengelola dan juga mencegah perkembangan penyakit ini. 

Kategori :