Waspada! 150 Orang Terinfeksi Virus HIV Aids, Ini Penjelasannya

Waspada! 150 Orang Terinfeksi Virus HIV Aids, Ini Penjelasannya

Dodi Hartono, Kepala Dinas Kesehatan Kota Bengkulu saat dikonfirmasi mengenai kasus HIV Aids, Kamis 19 Januari 2023.--(Sumber Foto: Tim/Betv).

BENGKULU, BETVNEWS - Berdasarkan hasil screening terhadap 9.903 sampel di Kota Bengkulu, hasilnya sebanyak 150 orang positif terinfeksi virus HIV Aids.

Hasil ini berdasarkan tes yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kota Bengkulu, pada awal Januari 2023 ini. Dimana berdasarkan hasil tersebut, bahwa yang terjangkit virus HIV Aids merupakan usia produktif berkisar 20 tahun.

BACA JUGA:Pesangon Eks Karyawan PT BPP Dibayar, Segini Total Keseluruhannya

Penyakit ini terindikasi dari pola hidup yang tidak sehat, dimulai dari hubungan seksual secara bebas, gonta-ganti pasangan dengan tidak menggunakan pengamanan (kondom), dan juga melalui pemakaian jarum suntik secara bergantian. 

BACA JUGA:Berkas Lengkap, Polisi Serahkan Tersangka Kasus Narkoba ke Kejari, Ini Jumlah Barang Buktinya

Dadi Hartono, Kepala Dinas Kesehatan Kota Bengkulu menghimbau kepada seluruh masyarakat, khususnya kota Bengkulu, apabila mempunyai gejala berisiko terjangkit virus HIV/AIDS untuk segera melapor ke klinik, Puskesmas atau Rumah sakit, supaya dapat dilakukan antiretroviral (ART).

BACA JUGA:Kasus Prostitusi Anak Bawah Umur, 3 Pria Ini Diringkus

Dimana hal ini merupakan pengobatan infeksi HIV Aids, dengan beberapa obat pendukung lainnya, sehingga bisa mencegah dan memperlambat pertumbuhan virus.

BACA JUGA:Terlilit Hutang, Jadi Alasan Pemuda Ini Lakukan Penipuan, Ini Modus yang Dilakukan

Karena salah satu penyebaran virus ini dengan melakukan pergaulan bebas, serta menjaga pergaulan dan pola hidup yang sehat dan tidak menggunakan jarum suntik secara bergantian.

BACA JUGA:Restoran Ta Wan Hadir di Bengkulu dan Sudah Sertifikasi Halal, Cek di Sini!

"Kita semua harus berperan dalam mengawasi kasus ini, termasuk kepada orang tua untuk mengawasi pergaulan anak-anaknya," ungkap Dadi Hartono.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: