Kontribusi Desa Sejahtera Astra, Tingkatkan Ekonomi dan Serap Tenaga Kerja Baru

Kontribusi Desa Sejahtera Astra, Tingkatkan Ekonomi dan Serap Tenaga Kerja Baru

Direktur Astra Gita Tiffani Boer (tengah) bersama Tokoh Penggerak DSA Gilangharjo Rizki Juniyanto (kedua kanan) dan komunitas pembatik lainnya saat mengunjungi DSA Gilanghirajo pada (10/3).--(Sumber Foto: ASTRA)

BETVNEWS - Astra melalui Program Desa Sejahtera Astra (DSA) melakukan penanaman 20.000 pohon di Desa Muncar, Kabupaten Temanggung Jawa Tengah.

“Kita berkumpul di kawasan Desa Sejahtera Astra (DSA) Temanggung kali ini untuk melaksanakan kegiatan penanaman 20.000 pohon dengan jenis tanaman kehutanan maupun tanaman produktif yang dapat memberikan manfaat masa depan masyarakat sekitar,” ujar Head of Environment & Social Responsibility Astra Diah Suran Febrianti dalam siaran pers, (Rabu 22 Maret 2023).

BACA JUGA:Bahaya! Jangan Belok Tanpa Lampu Sein

Dihadiri oleh Sekretaris Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Moderasi Beragama Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (RI) Raden Wijaya Kusumawardhana, Kepala Pusat Pengembangan Generasi Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Cicilia Sulastri.

BACA JUGA:Astra Honda Motor Bersama Astra Motor Bengkulu Gelar Festival Vokasi Satu Hati

Kemudian hadir juga Ketua Dewan Pimpinan Pusat Himpunan Penggiat Adiwiyata Indonesia Rosalia, Anggota Dewan Perwakilan Daerah RI Denty Eka Widi Pratiwi, Kepala Desa Muncar Kabupaten Temanggung Sis Bambang, serta Head of Environment & Social Responsibility Astra Diah Suran Febrianti pada Sabtu 11 Maret 2023. 

Penanaman pohon dilakukan dengan sistem agroforestri, yaitu pemanfaatan lahan dengan mengombinasikan tanaman kehutanan dan tanaman produktif.

BACA JUGA:Harga Rp1 Miliaran, Honda Gold Wing 1800 Terbaru Hadir di Indonesia

Desa Sejahtera Astra Temanggung telah dibina ASTRA dibangun sejak 2018. Di Desa ini telah dikembangkan potensi wisata alam hasil kolaborasi antara desa wisata perkebunan kopi dan konsep agrowisata budaya.

BACA JUGA:AHMBS 2023: Cari Pelajar Kreatif, Peduli dan Percaya Diri

Hingga 2023, masyarakat yang tersentuk program DSA Temanggung telah mencapai 1.200 orang dari sebelumnya 200 orang, dan penyerapan tenaga kerja menjadi 93 orang dari semula hanya 20 orang.

Potensi Desa Wisata


Head of Environment & Social Responsibility Astra Diah Suran Febrianti saat menanam pohon dengan jenis tanaman kehutanan maupun tanaman produktif di kawasan DSA Temanggung pada Sabtu 11 Maret 2023.--(Sumber Foto: ASTRA)

Astra juga mengembangkan pembinaan desa wisata di Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta, melalui DSA Mangunan dan DSA Gilangharjo dengan fokus untuk memberdayakan potensi di sekitarnya pada pertengahan 2022 lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: