Perlu Diketahui! 4 Peristiwa Bersejarah di Bulan Ramadan, Dapat Jadi Amalan Mulia

Perlu Diketahui! 4 Peristiwa Bersejarah di Bulan Ramadan, Dapat Jadi Amalan Mulia

Foto merupakan ilustrasi.--(Sumber Foto: Pixabay)

Sehingga, walaupun dalam kondisi seperti itu, banyak dari mereka tetap maju ke depan membersamai Rasulullah, bahkan bermodal keyakinan kepada beliau yang merupakan utusan.

Kepercayaan mereka terhadap pertolongan Allah akan datang, saat berhadapan pada musuh yang memiliki jumlah pasukan lebih banyak tak membuat mereka gentar.

BACA JUGA:Poli Gigi RSKJ Soeprapto Provinsi Bengkulu Siap Beri Pelayanan ke Masyarakat

Dengan jumlah pasukan yang tidak seimbang dan tak adil tersebut, perang tetap berjalan, umat muslim mendatangkan pasukan sekitar 300 orang, sementara pasukan musuh yakni kaum kafir Quraisy berkisar sejumlah 1000 orang.

Dari hal tersebut, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam tidak henti-hentinya berdoa meminta pertolongan Allah Ta'ala, agar memberikan kemenangan kepada umat Muslim. 

BACA JUGA:Traffic Light di Simpang Pagar Dewa Mati, Warga: Belum Ada Perbaikan

Sejarah perang Badar pun tercatat, dan menjadi semangat umat Islam dikarenakan kemenangan berpihak kepada Rasulullah serta pasukannya.

3. Nuzulul Quran 

Selanjutnya ada peristiwa di bulan Ramadan lainnya yakni Nuzulul Quran. Dimana peristiwa tersebut merupakan turunnya Al-Qur'an dan biasanya diperingati setiap 17 Ramadan.

BACA JUGA:Harga Cabai Merah Besar dan Ayam Potong di Pasar Taba Penanjung Turun

Istilah hadirnya Nuzulul Qur'an, dipahami sebagai penurunan Al-Qur'an dari lauhul mahfuz ke Baitul Izzah di langit dunia. 

Tidak hanya itu, peristiwa turunnya Al-Qur'an juga menandakan isyarat jelas bahwa Rahmat Allah sangatlah besar bagi umat Nabi Muhammad.

Dimana serangkaian petunjuk maupun manual kehidupan dijadikan penuntun bagi setiap manusia, dengan kondisi serta situasi serba kegelapan hingga terang benderang suatu pikiran dan hati.

BACA JUGA:UI Nomor 6, Ini 4 Universitas di Pulau Sumatera Terbanyak Diminati dan Cuma 1 PTN di Luar Jawa-Sumatera

Sehingga, inilah mengapa Al-Quran diperkenalkan sebagai kitab petunjuk bagi siapa saja yang bertakwa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: