Jonaidi Pastikan Paguyuban Jaranan di Seluma Segera Memiliki Legalitas Resmi

Jonaidi Pastikan Paguyuban Jaranan di Seluma Segera Memiliki Legalitas Resmi

Jonaidi, SP, MM., Ketua Komisi II DPRD Provinsi Bengkulu. --(Sumber Foto: Tim/Betv)

BENGKULU, BETVNEWS - Setelah sukses melaksanakan Festival Jaranan di Desa Bukit Peninjauan I Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma, salah satu yang akan dilakukan oleh paguyuban Jaranan tersebut adalah untuk memiliki legalitas resmi

BACA JUGA:Belasan UMKM Hadir di Bazar Pangan Murah, Jonaidi: Semoga Bisa Membantu Masyarakat

Ketua Komisi II DPRD Provinsi Bengkulu pada saat itu memang secara langsung ditunjuk oleh kelompok jaranan yang ada di Seluma, untuk menjadi Ketua Umum Paguyuban Jaranan Seroja Turonggo Jati. 

Hal ini kemudian menjadi komitmen, agar seluruh kelompok jaranan di Kabupaten Seluma bisa memiliki lembaga resmi dan terdaftar secara hukum sehingga dapat berkembang ke depannya. 

BACA JUGA:Sukses Gelar Festival Jaranan, Jonaidi: Tahun Depan Akan Digelar Lebih Besar

"Dalam waktu dekat akan segera kita lakukan pertemuan, sehingga kemudian akan kita bahas proses legalitas Paguyuban Jaranan Seroja Turonggo Jati," sampai Jonaidi, SP, Selasa 22 Agustus 2023.


Festival Jaranan di Desa Bukit Peninjauan I Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Seluma,.--(Sumber Foto: Tim/BETV)

Selain itu, tokoh muda Kabupaten Seluma tersebut juga memastikan akan memberikan yang terbaik bagi Kebudayaan asli Indonesia termasuk Jaranan. 

BACA JUGA:Gerakan Pangan Murah, Jonaidi Apresiasi Kinerja Petani dan UMKM Lokal

Terlebih budaya merupakan salah satu Jati diri bangsa Indonesia yang tidak dimiliki oleh negara lainnya, sehingga memang sudah semestinya ada pihak-pihak yang bersedia untuk terus menjaga kelestarian budaya asli Indonesia. 

"Tentu ini bukan hanya sekedar membentuk paguyuban dan semata-mata untuk mendapatkan bantuan, namun lebih dari itu kita ingin membuat budaya ini tidak pernah hilang dari waktu ke waktu," tambahnya. 

BACA JUGA:Lestarikan Budaya Indonesia, Jonaidi Sukses Gelar Festival Jaranan Pertama di Seluma

Ke depan tidak hanya 13 kelompok Jaranan ini saja yang akan bergabung, lebih-lebih akan banyak lagi kelompok yang masuk dalam paguyuban ini agar lebih teroganisir dan bisa saling berbagi. 

"Ini akan terus kita besarkan hingga bisa dikenal oleh pihak luar," akhirnya. (ADV) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: