Pj Wali Kota Bengkulu Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila di Kota Merah Putih

Pj Wali Kota Bengkulu Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila di Kota Merah Putih

Arif Gunadi Penjabat Wali Kota Bengkulu pimpin upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2023 di halaman Balai Kota Merah Putih.--(Sumber Foto: AAP/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Pj (Penjabat) Wali Kota Bengkulu Arif Gunadi memimpin upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2023 di halaman Balai Kota Merah Putih Kelurahan Pekan Sabtu pada Minggu 1 September 2023 pagi.

Upacara yang berlangsung dengan khidmat dan lancar ini turut dihadiri juga oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bengkulu, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Kota Bengkulu, Kepala OPD, ASN lingkungan Pemkot Bengkulu dan tamu undangan lainnya.

BACA JUGA:Kilas Balik Sejarah Peringatan G30S PKI, Terungkap Peristiwa Kelam 30 September

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Kota Bengkulu, Gita Gama menyampaikan bahwa pelaksanaan upacara digelar sebagai bentuk penghormatan untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur ketika peristiwa Gerakan 30 September atau G30S/PKI.

BACA JUGA:Pemkot Bengkulu Kembali Mutasi 96 ASN Eselon III dan IV, Berikut Daftar Namanya

"Kita mengingat jasa-jasa para pahlawan yang sudah berkorban di dalam menegakan dan menjalankan nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila. Sebagai dasar dan idiologi negara yang kokoh dan kuat," kata Gita Gama.

BACA JUGA:DPRD Kota Bengkulu Setujui Raperda APBD Perubahan 2023, Belanja Daerah Lebih Rp1 Triliun

Di sisi lain, Hari Kesaktian Pancasila muncul dikarenakan peristiwa yang dinamakan G30S/PKI.

Dimana saat itu terjadi pemberontakan selama satu malam pada tanggal 30 September hingga 1 Oktober 1965, yang mengakibatkan gugurnya enam jenderal serta satu orang perwira pertama militer Indonesia dan jenazahnya dimasukkan ke dalam suatu lubang sumur lama di area Lubang Buaya, JakartaTimur.

BACA JUGA:Lakukan Pembangunan Tahap Kedua, DPRD Harap Rumah Adat Jadi Ikon Kabupaten Mukomuko

"Sehingga diharapkan peringatan kesaktian pancasila yang dilaksanakan setiap tahun ini, untuk mengingat generasi penerus bangsa,  bahwasannya kita tidak bisa meninggalkan nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila.  Karena pancasila merupakan falsafah negara," tutup Gita Gama

(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: