dempo

Selain Kompres Air Hangat, Ternyata Hal Ini Juga Dapat Meredakan Nyeri saat Haid, Yuk Cari Tahu di Sini

Selain Kompres Air Hangat, Ternyata  Hal Ini Juga Dapat Meredakan Nyeri saat Haid, Yuk Cari Tahu di Sini

Ilustrasi. cara meredakan nyeri perut karena haid.--(Sumber Foto: Web/okezonehealth)

ETVNEWS - Nyeri pada bagian pinggang dan perut bawah saat haid disebabkan sel telur yang tidak dibuahi. Hal tersebut merupakan pengaruh dari kurangnya kerja hormon estrogen dan progesteron. 

Rasa sakit saat haid biasanya terjadi selama 2-3 hari, dengan masa haid yang normal adalah 23-35 hari. 

Nyeri selama haid umumnya dikenal sebagai PMS (Pre-menstrual syndrome). PMS terjadi mendekati waktu menstruasi dengan beberapa gejala, seperti perut kembung dan emosi yang bergejolak. 

BACA JUGA:5 Cara Alami Meredakan Nyeri Saat Menstruasi, Salah Satunya Kompres Air Hangat!

Tidak hanya itu, rasa sakit nyeri haid juga dapat menyebabkan mual, muntah, dan pusing bahkan dapat menimbulkan berbagai emosi yang berbeda dalam rentan waktu yang berdekatan.

Hal inilah yang membuat wanita sulit dipahami saat sedang haid, karena setiap orang mengalami nyeri menstruasi yang bervariasi rasa sakitnya.

Sakit perut ketika haid disebabkan oleh otot-otot rahim yang mengalami kontraksi. Akibat rasa sakit yang luar biasa pada bagian perut bawah tersebut, mendorong wanita untuk melakukan segala cara agar rasa sakitnya hilang atau berkurang. 

BACA JUGA:Dapat Meredakan Stress hingga Mencegah Kanker, Ini 5 Manfaat Serai untuk kesehatan, Kamu Wajib Coba!

Sebab, jika tidak segera dihilangkan rasa sakit tersebut dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Namun jangan khawatir, pada artikel ini akan dibahas bagaimana cara meredakan rasa sakit akibat haid.

Melansir dari laman alodokter, siloamhospitals, mitrakeluarga, dan puskesmaskutaselatan, berikut adalah cara meredakan nyeri haid:

1. Kurangi Kopi, Alkohol, dan Rokok

Saat haid atau masa menjelang haid kamu perlu mengurangi atau menghindari dulu mengkonsumsi kopi, alkohol, dan rokok karena kandungan yang ada di dalam 3 komponen tersebut dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah terkhusus saat haid, ditambah lagi otot perut yang akan ikut menegang hingga menimbulkan rasa sakit yang luar biasa. 

BACA JUGA:Belum Banyak yang Tahu! Ini Manfaat dan Kandungan Kunyit, Bisa Sebagai Obat Alergi hingga Menurunkan Depresi

Untuk itu, kamu dapat memperbanyak mengkonsumsi air putih atau makanan dan minuman yang herbal dan menenangkan seperti teh, jamu, sup dan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: