Kisah Pilu Perjuangan Siti Khadijah Bersama Nabi Muhammad SAW, Istri Pertama yang Dicintai Rasulullah

Kisah Pilu Perjuangan Siti Khadijah Bersama Nabi Muhammad SAW, Istri Pertama yang Dicintai Rasulullah

Ilustrasi. Kisah perjuangan Siti Khadijah bersama Nabi Muhammad SAW.--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Tahukah kilas perjalanan Siti Khadijah dan Nabi Muhammad SAW? Hingga keduanya ditakdirkan untuk hidup bersama. Kisah diantara keduanya tentu saja tidak begitu saja terjadi, namun akhirnya keduanya menjadi pasangan kekasih.

Siapa yang tak kenal dengan Siti Khadijah binti Kuwailid? Beliau adalah istri pertama Nabi Muhammad SAW, yang memiliki keistimewaan dan menjadi salah satu wanita mulia.

BACA JUGA:Sepeninggal Khadijah, 2 Istri Nabi Muhammad SAW Ini Selalu Bisa Membuat Beliau Terhibur!

Diceritakan bahwa beliau merupakan wanita mulia Ummul Mukminin yang menjadi penghuni surga. Bagaimanakah kisah keduanya? Dapat simak ulasannya di sini.

Dari Abu Hurairah ra, ia berkata, "Pada suatu ketika Jibril pernah datang kepada Rasulullah SAW sambil berkata, 'Wahai Rasulullah, ini dia Khadijah. Ia datang kepada engkau membawa wadah berisi lauk pauk, atau makanan atau minuman.'

'Apabila ia datang kepada engkau, maka sampaikanlah salam dari Allah dan dariku kepadanya. Selain itu, beritahukan pula kepadanya bahwa rumahnya di surga terbuat dari emas dan perak, yang di sana tidak ada kebisingan dan kepayahan di dalamnya.'” (HR Bukhari dan Muslim).

BACA JUGA:Kisah Khadijah, Istri Nabi Muhammad SAW Dikenal Setia dan Penyayang, Siapa Sangka Dicemburui Aisyah!

Siti Khadijah yang dibesarkan dari keluarga terhormat, tumbuh menjadi wanita yang memiliki budi pekerti luhur, berkeinginan keras serta memiliki kesucian akal. Sehingga, bangsa Arab Quraish menamainya dengan 'Perempuan Suci', bahkan banyak dari pria Quraish kala itu yang berkeinginan menjadi pendamping hidupnya.

Bahkan beliau, mendapat gelar ratu Makkah dan attahirah (wanita suci), ia dapat menjaga dirinya sendiri. Siti Khadijah binti Khuwailid adalah wanita kaya yang rela dan tak tanggung dalam membagikan hartanya dalam jumlah banyak demi kesuksesan dakwah Nabi Muhammad SAW.

BACA JUGA:Mau Sukses Berdagang? Inilah 8 Kunci Keberhasilan Bisnis Ala Siti Khadijah Istri Rasulullah SAW

Istri pertama Nabi tersebut juga merupakan wanita pertama yang beriman kepada Allah SWT, selain itu beliau menjadi qurrota 'ayun (penyejuk hati). Saat Nabi Muhammad SAW pernah merasa gemetar dan ketakutan pertama kalinya, ketika menerima suatu wahyu dari Allah lewat malaikat Jibril, Khadijah lah yang menenangkan hati suaminya.

Bagaimana dengan pernikahan keduanya? Tentu tidak selalu bahagia, saat masa pernikahan mereka melewatinya penuh dengan suka duka.

Kala itu orang-orang kafir Quraisy mencoba melakukan pemboikotan, dimulai dari membunuh satu persatu orang Muslim, hal tersebut berlangsung selama tiga tahun. Nah, disinilah peran Khadijah terlihat, ia menyerahkan segala hartanya kepada Nabi Muhammad SAW, demi dakwah yang dibawakan suaminya tersebut.

BACA JUGA:Bikin Takjub! Ini 9 Karakter Khadijah Istri Rasulullah, Tak Hanya Taat Juga Pandai Berbisnis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: