dempo

Berikut 5 Cara Merawat Emas Agar Tetap Cantik dan Berkilau, Salah Satunya Cukup Cuci dengan Bahan Dapur Ini

Berikut 5 Cara Merawat Emas Agar Tetap  Cantik dan Berkilau, Salah Satunya Cukup Cuci dengan Bahan Dapur Ini

Ilustrasi. Cara merawat emas perhiasan agar tetap cantik dan berkilau.--(Sumber Foto: Web/Sahabatpegadaian.co.id)

BACA JUGA:Berikut Penjelasan Mengenai Buyback Emas Lengkap dengan Cara Menghitungnya, Cari Tahu Dulu Baru Investasi!

2. Sabun cuci piring

Selain menggunakan campuran detergen dan soda, membersihkan emas perhiasan juga dapat menggunakan sabun cuci piring. Caranya sangat mudah, kamu cukup tuangkan sedikit sabun cuci piring dan air, aduk merata dan rendam perhiasan selama 5 menit. Ambil sikat lembut untuk membersihkan kotoran secara perlahan. Bilas dengan air dan keringkan.

3. Hindari membersihkan perhiasan dengan air mendidih

Menjaga kondisi emas supaya tetap dalam kondisi baik juga bisa dengan cara menghindari membersihkan perhiasan dengan air mendidih.

BACA JUGA:Unik dan Berkualitas, Berikut 4 Produk Logam Mulia Antam yang Cocok untuk Investasi, Nomor 3 Kamu Wajib Punya

Hal ini karena, suhu air yang terlalu panas dapat merusak emas perhiasan karena membuat logam mulia ini memuai hingga melunturkan lem pada perhiasan dan membuat batu permata terlepas dari tempatnya. Bahkan, ada beberapa jenis batu permata yang bisa patah dan terbelah.

Direkomendasikan membersihkan emas perhiasan yang memiliki permata dengan menggunakan air biasa dan dibilas dengan perlahan.

BACA JUGA:Terungkap, Ini Waktu yang Tepat Buat Kamu Berinvestasi Emas, Untung Lebih Banyak! Cek di Sini

4. Lepas perhiasan saat mandi atau mengenakan make up

Melepas perhiasan saat mandi dan waktu mengunakan makeup juga dapat menjaga keadaan emas tetap baik. Hal ini karena kandungan yang terdapat pada sabun mandi, sampo, pembersih wajah, dan pasta gigi mengandung bahan kimia tertentu yang membuat kilau emas memudar. 

Menggunakan emas saat sedang berdandan ternyata dapat membuat emas menjadi kotor sehingga mempengaruhi kilau pada emas. Untuk itu, direkomendasikan mengenakan emas saat sudah selesai makeup atau kegiatan menggunakan produk-produk berhias lainnya.

BACA JUGA:Mau Investasi Emas Antam dengan Untung Maksimal? Ini Jangka Waktu Idealnya

5. Simpan dengan benar untuk merawat perhiasan emas

Cara untuk menjaga emas agar tetap baik selanjutnya adalah dengan menyimpan emas pada tempat yang sesuai seperti kotak perhiasan. Tidak disarankan menyimpan emas dengan digabungkan bersama perhiasan lainnya, karena dapat mempengaruhi warna pada emas. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: