Puskesmas Sumber Urip Perintis Layanan ILP di Provinsi Bengkulu

Puskesmas Sumber Urip Perintis Layanan ILP di Provinsi Bengkulu

Ners. Mus Mulyadi, S.Kep--(Sumber Foto: Daman/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Puskesmas Sumber Urip yang terletak di kaki gunung api Bukit Kaba, dibawah kepemimpinan Ners. Mus Mulyadi, S.Kep, berhasil melakukan transformasi layanan dengan menerapkan Integrasi Layanan Primer atau disingkat ILP, yang mulai dilaksanakan tahun 2023 ini. 

Disebutkan Mus Mulyadi, transformasi sistem pelayanan kesehatan primer ini dilakukan untuk mendekatkan layanan kesehatan berkualitas kepada masyarakat melalui integrasi pelayanan kesehatan primer.

"ILP ini mengintegrasikan semua layanan dasar di Puskesmas. Tentunya hal ini kita lakukan pendekatan kepada masyarakat, dan untuk peningkatan mutu layanan," sebut Mus Mulyadi, Kamis 22 Desember 2023.

BACA JUGA:KPU Kota Bengkulu Bekali PPK dan PPS Teknis Pemungutan hingga Perhitungan Suara

Dengan adanya integrasi layanan, yang dilaunching Kementerian Kesehatan pada akhir bulan Juli 2023, sekarang Puskesmas Sumber Urip yang membawahi wilayah kerja 

"Penguatan upaya promotif dan preventif dengan mendekatkan akses layanan kesehatan yang berkualitas, jadi point penting pelaksanaan layanan kesehatan," ujarnya.

Semenjak diterapkan ILP yang telah dimulai pada semester tahun 2023 ini, sekarang ada perubahan alur dan proses pelayanan yang dijalani, terintegrasi antar layanan di Puskemas Sumber Urip.

BACA JUGA:5 Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan, Lengkap dengan Kandungan Gizinya

"Kalau ILP ini kan pakai kluster, pakai siklus hidup. Jadi di Puskemas kita ada yang namanya klaster 1, 2, 3, dan 4," paparnya.

Dia menerangkan, untuk klaster pertama ialah klaster manajemen atau administrasi, kemudian klaster kedua adalah klaster ibu, anak, dan remaja, lalu klaster ketiga adalah klaster usia produktif dan lanjut usia (lansia) dan terakhir klaster keempat yakni  klaster penanggulangan penularan penyakit.

"Jadi pertama kalau ada pasien mendaftar, kemudian setelah mendaftar baru dikonseling dulu mau dimasukkan klaster mana, klaster dua atau tiga. Setelah ditentukan, baru diarahkan kemana layanan selanjutnya, atau namanya rujukan internal lintas klaster," terangnya.

BACA JUGA:5 Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan, Lengkap dengan Kandungan Gizinya

Selain itu, untuk paket pelayanan komprehensif akan diberikan di masing-masing klaster. Yang mana paket tersebut terdiri dari skrining penyakit, diagnosis dan pengobatan serta konseling. Jika terdapat kasus penyakit menular, maka Petugas di klaster 4 bertugas untuk memutus rantai penularannya.

BACA JUGA:22 Desember Memperingati Hari Apa? Cek Daftarnya Disini, Ada Hari Ibu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: