Alternatif Jalan Liku 9, Tantawi Dali Dorong Percepatan Pembangunan Tol Bengkulu-Lubuklinggau

Alternatif Jalan Liku 9, Tantawi Dali Dorong Percepatan Pembangunan Tol Bengkulu-Lubuklinggau

Ketua Komisi III DPRD Provinsi Bengkulu--(Sumber Foto: Ilham/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Akses jalan lintas Bengkulu - Kapahiang tepatnya liku 9 dinilai sudah tidak representatif untuk lintas padat lantaran rawat terjadi longsor dan pohon tumbang yang menyebabkan lalu lintas lumpuh.

Maka diperlukan alternatif lain sebagai lintasan Bengkulu-Lubuklinggau, Sumatera Selatan.

BACA JUGA:Terima Kucuran Dana Rp15 Miliar dari Pusat, PDAM Seluma Bakal Bangun SPAM Regional

Disampaikan Ketua Komisi III DPRD Provinsi Bengkulu, Tantawi Dali mendorong keberlanjutan pembangunan jalan Tol Bengkulu-Lubuklinggau tahap 2 ruas Taba Penajung Kabupaten Bengkulu Tengah-Kepahiang dan tahap tiga ruas Kepahiang-Lubuklinggau dapat dikerjakan hingga tuntas.

BACA JUGA:Sinergi Bagi Negeri, Donor Darah Menjadi Agenda Rutin 

"Liku 9 ini merupakan jalan lintas Timur utama Bengkulu penghubung Bengkulu dengan Kapahiang, Curup hingga Lubuklinggau Sumatera Selatan. Sedangkan lalu lintas semakin padat dan jalan rawar ambles, longsor dan pohon tumbang sehingga perlu alternatif," kata Tantawi Dali Selasa 16 Januari 2024.

BACA JUGA:2 Peserta PPPK Rejang Lebong Lulus CAT Mengundurkan Diri

Selain itu, Tantawi Dali juga mendorong pembangunan jalan alternatif lainnya seperti jalur Rejang Lebong-Lebong Bengkulu Utara, jalan PLTA Musi-Lubuk Sini/Renah Semanek Kabupaten Bengkulu Tengah, maupun jalan alternatif lainnya.

BACA JUGA:Latih Bakat dan Kreativitas Anak, Hotel Santika Bengkulu Kembali Tawarkan Kids Cooking Class

"Kita sudah mendorong juga jalan alternatif ini menjadi jalan Nasional dan pernah kita ajukan. Dan tahun lalu sudah disurvei apakah memungkinkan jadi jalan nasional," ungkap Tantawi.

BACA JUGA:Mantan Bupati Mukomuko Ichwan Yunus, Nyatakan Siap Maju di Pilkada 2024

Ia mengatakan, jika jalan alternatif yang ada dapat dijadikan jalan Nasional maka pembangunan dan pemeliharaan jalanan semakin baik, sehingga jika jalur utama di gunung mengalami kerusakan atau putus maka jalur alternatif tersebut dapat difungsikan dengan baik.

BACA JUGA:Cara Mudah Beli Online iPhone 11 di iBox, Hanya 5 Langkah HP Langsung Dikirim ke Rumah!

"Kalau kondisi saat, jika jalan di gunung terputus maka terhenti lalu lintas, makanya kita dorong agar jalan Semanek ke Ujan Mas jadi jalan Nasional," ujarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: