Jangan Tunggu Tua! Segera Cegah Penyakit Jantung Dengan 6 Cara Mudah Ini

Jangan Tunggu Tua! Segera Cegah Penyakit Jantung Dengan 6 Cara Mudah Ini

Ilustrasi. 6 tips mencegah penyakit jantung--(Sumber Foto: iStockPhoto)

Jika hal ini terjadi, plak yang menempel dapat membatasi aliran darah ke janrung dan organ lain sehingga dapat menyebabkan organ tersebut pecah atau menimbulkan gumpalan. 

BACA JUGA:Punya Kandungan Lemak Sehat, Alpukat Ternyata Ampuh Menjaga Kesehatan Jantung, Intip Manfaat Lainnya di Sini!

Gumpalan ini akan menghalangi aliran darah sepenuhnya sehingga dapat menyebabkan serangan jantung, stroke hingga gagal ginjal.

Selain rokok, alkohol juga sama buruknya untuk kesehatan tubuh terutama jantung. Untuk itu membatasi konsumsi alkohol dapat membantu menjaga kesehatan jantung. 

BACA JUGA:Beras Fukumi Atasi Penyakit Mematikan, Mulai dari Diabetes hingga Penyakit Jantung, Cek Disini Manfaat Lainnya

5. Batasi Konsumsi Makanan Tinggi Kolesterol

Mengonsumsi makanan tinggi kolesterol dapat menyebabkan kadar kolesterol dalam darah meningkat. Kolesterol jahat atau LDL merupakan penyebab utama munculnya masalah pada jantung. 

Hal ini karena kolesterol jahat yang mengalir di dalam darah dapat mempengatuhi pasokan darah dan memicu penyumbatan. 

BACA JUGA:Turunkan Kadar Kolesterolmu! Ini 6 Daftar Makanan Sehat bagi Penderita Penyakit Jantung, Nomor 2 Mudah Dicari

Untuk mencegahnya, kurangi kolesterol yang masuk ke dalam tubuh dengan memperhatikan setiap makanan yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu, tetap bergerak aktif dan rutin berolahraga juga dapat mengurangi jumlah kolsterol jahat dalam darah. 

6. Melakukan Pemeriksaan Rutin

Selain melakukan cara-cara di atas, kamu juga dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan secara rutin karena penyakit jantung jarang diketahui akibat minimnya gejala serius pada awal penyakit. 

BACA JUGA:5 Manfaat Teh Hijau Khas Jepang untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Cegah Penyakit Jantung

Oleh sebab itu, dengan melakukan pemeriksaan secara berkala dapat membuat penyakit ini lebih cepat terdeteksi. Pemeriksaan berkala ini dapat melalui pengecekan tekanan darah, kadar kolesterol jahat hingga kadar gula darah dalam tubuh. 

BACA JUGA:Konsumsi Yuk! Buah dan Sayuran Ini Punya Kandungan Vitamin C, Sehat Untuk Jantung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: