25 Januari Memperingati Hari Apa? Cek Daftarnya Disini, Ada Hari Gizi Nasional

25 Januari Memperingati Hari Apa? Cek Daftarnya Disini, Ada Hari Gizi Nasional

Lantas tanggal ini memperingati hari apa? Tahun ini 25 Januari 2024 jatuh pada hari Kamis. Tanggal ini memperingati Hari Gizi Nasional di Indonesia.--(Sumber Foto: Valeria/Pexels)

Tahun Baru Mahayana merupakan perayaan umat Buddha di seluruh dunia. Meskipun sebagian umat Buddha Mahayana merayakan perayaan pada tanggal 1 Januari bersamaan dengan Tahun Baru Masehi, sebagian lainnya menunggu bulan purnama di bulan Januari. 

Tahun ini, Tahun Baru Mahayana dirayakan pada tanggal 25 Januari 2024.

Istilah Mahayana mencakup ideologi dan filosofi Buddhis. Mahayana adalah salah satu dari dua cabang utama agama Buddha dan sebagian besar dipraktikkan di Asia Timur Laut, yakni Tiongkok, Jepang, Tibet, Taiwan, Mongolia, dan Korea. Setiap daerah mempunyai adat istiadat dan tradisi tersendiri dalam mengamalkan ajaran Buddha Mahayana. 

BACA JUGA:17 Januari Memperingati Hari Apa? Cek Daftarnya Disini, Ada Hari Kita Tidak Rusak Sedunia

Keyakinan umat Buddha Mahayana adalah bahwa pencerahan atau Nirwana abadi dapat dicapai sepanjang hidup seseorang. Tingkat pencerahan ini tidak hanya dapat dicapai oleh para biksu, namun juga oleh para praktisi Buddhis biasa. Tujuan utamanya adalah agar setiap orang memanfaatkan kesempatan pencerahan.

Tanggal Tahun Baru Mahayana berbeda-beda di setiap negara berdasarkan adat dan tradisinya. 

BACA JUGA:14 Januari Memperingati Hari Apa? Cek Daftarnya, Ada Hari Layang-layang Internasional

3. Hari Fluorida

Hari Flourida jatuh pada tanggal 25 Januari setiap tahunnya. Peringatan ini adalah hari yang didedikasikan untuk senyawa kimia yang memiliki pengaruh besar pada kehidupan kita.

Meskipun asal usul pastinya tidak diketahui, Hari Fluorida diperingati setiap tahun pada tanggal 25 Januari untuk meningkatkan kesadaran tentang cara menggunakan Fluorida secara efektif tanpa menimbulkan dampak buruk pada kesehatan.

BACA JUGA:12 Januari Memperingati Hari Apa? Cek Daftarnya Disini, Ada Hari Kerja Keras

4. Hari Kebalikan

Jika kamu penggemar kartun Spongebob Squarepants, maka tidak asing dengan Hari Kebalikan. Ternyata, hari tersebut ada di dunia nyata.

Di Amerika Serikat, Opposite Day atau Hari Kebalikan diperingati pada tanggal 25 Januari, namun beberapa orang menyatakan bahwa hari itu dirayakan pada tanggal 7 Januari. 

Terlepas dari hal tersebut, anak-anak di seluruh negeri bersukacita pada hari ini karena mereka menyatakan bahwa yang mereka maksud adalah kebalikan dari apa pun yang mereka katakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: