dempo

Kaya Nutrisi! Berikut Sederet Manfaat Buah Sukun untuk Kesehatan, Turunkan Kolesterol hingga Cegah Anemia

Kaya Nutrisi! Berikut Sederet Manfaat Buah Sukun untuk Kesehatan, Turunkan Kolesterol hingga Cegah Anemia

Kaya nutrisi! Berikut sederet manfaat buah sukun untuk kesehatan, turunkan kolesterol hingga cegah anemia--(Sumber Foto : iStockPhoto)

BACA JUGA:8 Buah Perontok Lemak Jahat Penyebab Kolesterol Tinggi, Apa saja Selain Apel? Ini Daftarnya

Selain dengan cara tersebut, serat di dalam buah sukun juga bekerja dengan mencegah gula darah naik dengan memperlambat pencernaan. Gula darah yang tinggi dapat memicu peningkatan kadar kolesterol di dalam darah sehingga buah sukun menjaga tubuh dari hal tersebut. 

3. Menjaga Aliran Darah

Buah sukun juga bermanfaat untuk menjaga aliran darah tetap sehat dan lancar berkat kandungan kalium dan zat besi yang ada di dalamnya. 

Kandungan ini sangat penting bagi tubuh untuk menjaga kestabilan denyut jantung dan juga menjaga tekanan darah. 

BACA JUGA:Perbedaan Kekurangan dan Kelebihan Gula Darah, Mana Yang Lebih Berbahaya?

Tidak hanya itu, senyawa fitokimia pada buah sukun juga dapat membantu pencegahan penyempitan dan juga pengerasan pembuluh darah yang disebabkan oleh timbunan kolesterol sehingga aliran darah akan tetap sehat dan lancar. 

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Buah sukun kaya akan vitamin C sehingga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh berkat kandungan tersebut. 

Di dalam 100 gram sukun terdapat setidaknya 29 miligram vitamin C yang dapat memenuhi 48 persen kebutuhan vitamin C harian yang diperlukan oleh tubuh. 

BACA JUGA:Inilah 6 Manfaat Brokoli Hijau Untuk Anak, Bantu Jaga Sistem Imun Tubuh, Pastikan Menjadi Menu Rutin Harian

Oleh sebab itu, mengonsumsi buah sukun dapat membentuk sistem kekebalan tubuh yang baik sehingga tubuh dapat terhindari dari berbagai jenis penyakit. 

5. Meredakan Nyeri Sendi dan Otot

Selain meningkatkan kekebalan tubuh, buah sukun juga bermanfaat untuk meredakan nyeri pada sendi dan otot berkat kandungan senyawa fenolik seperti stilbenoid, flavonoid, coumarin, dan xanthones.

Senyawa-senyawa tersebut memiliki sifat anti-inflamasi sehingga dapat membantu meredakan nyeri sendi dan otot sehingga dapat juga membantu dalam pengobatan rematik dan nyeri otot. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: