Ikuti Langkah Ini! 4 Cara Mudah Memaafkan Diri Sendiri, Salah Satunya Berpikir Positif

Ikuti Langkah Ini! 4 Cara Mudah Memaafkan Diri Sendiri, Salah Satunya Berpikir Positif

Ilustrasi. Cara mudah memaafkan diri sendiri dalam hidup.--(Sumber Foto: Tim/BETV)

BETVNEWS - Ada sejumlah cara yang dapat digunakan saat merasa tidak dapat memaafkan diri sendiri. Cara ini cukup mudah agar membuatmu kembali mempercayai diri sendiri.

Salah satunya yakni dengan memiliki pikiran yang positif. Dengan begitu, apapun kesalahan yang kamu lakukan, kamu berusaha untuk tidak mempermasalahkannya secara berlebihan.

Tidak hanya satu kali sesuatu terjadi dalam hidup, sehingga hal tersebut mempengaruhi kondisi mental seseorang. Sebagaimana memaafkan diri sendiri ialah cara berdamai tanpa mengabaikan semua kesalahan yang pernah diperbuat.

BACA JUGA:Mulai Dari Sekarang! Lakukan 5 Kebiasaan di Pagi Hari Ini dan Rasakan Perbedaannya, Hidup Jadi Lebih Sehat

Hal ini juga tidak berarti lemah, karena memaafkan diri memiliki kekuatan yang sangat bernilai dan berharga untuk dimiliki. Sebagai bentuk dari kelapangan hati untuk dapat mengikhlaskan semua hal yang pernah terjadi, baik dari masa lalu maupun di masa sekarang. Selain itu dengan memaafkan diri, kita dapat mengembangkan potensi, meningkatkan kualitas hidup, serta menjaga kesehatan fisik serta mental.

Memaafkan memang tidaklah mudah, layaknya membalikkan telapak tangan. Butuh waktu, proses hingga kesabaran penuh agar dapat berdamai dengan diri sendiri.

BACA JUGA:Bikin Haru, Ini Kisah Sahabat Nabi Muhammad SAW, Abu Dujanah Hidup dengan Sederhana dan Jujur

Tidak dapat dipungkiri bahwa setiap orang pernah melakukan kesalahan, bahkan ada beberapa dari kita kesulitan untuk memaafkan diri sendiri. Berikut terdapat cara untuk memaafkan diri sendiri yang perlu kamu ketahui.

1. Berpikirlah positif dan hilangkan pikiran negatif

Jika sesuatu hal yang negatif ada dalam pikiran, akan membuatmu merasa kesulitan untuk memaafkan diri sendiri.

Bahkan, tanpa sadar kamu keras terhadap pikiran yang ada pada dirimu. Untuk tetap berpikir positif kamu perlu mengalihkannya, misalnya dengan menumpahkan keresahan dan menulisnya di buku harian.

BACA JUGA:Jangan Mager! Yuk Mulai Hidup Sehat di Rumah Dengan 8 Pilihan Olahraga Ramah Pemula Ini

Pisahkan pikiran positif dan negatif, dan kembali refleksi tulisan yang telah kamu tulis. Dengan begitu kamu menyadari apa yang perlu diperbaiki.

Hal ini dapat disadari bahwa ternyata pikiran-pikiran yang menghalangi untuk memaafkan diri sendiri tidaklah benar. Kamu juga dapat berbagi cerita melalui teman dekat ataupun keluarga, sehingga dapat melakukam positive self-talk dan menjauhkan dari pikiran negatif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: