Harga Beras Naik, Besaran Zakat Fitrah di Kota Bengkulu Jadi Rp45.000 per Jiwa

Harga Beras Naik, Besaran Zakat Fitrah di Kota Bengkulu Jadi Rp45.000 per Jiwa

Staf Humas Kantor Kemenag Kota Bengkulu Fachrul Rozi--(Sumber Foto: Ahmad/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Besaran zakat fitrah 1445 Hijriah di Kota BENGKULU naik dari tahun sebelumnya 1444 Hijriah.

Penetapan besaran zakat fitrah ini berdasarkan rapat bersama yang dilakukan Kantor Kemenag Bengkulu dengan Baznas (Badan Amil Zakat Nasional) dan MUI (Majelis Ulama Indonesia). 

"Kita beberapa waktu yang lalu, sudah melaksanakan rapat bersama pihak terkait, ada Baznas hingga MUI, dan bersepakat bahwa untuk besaran zakat fitrah beras tahun 1445 Hijriah atau 2024 Masehi, itu masih sama seperti tahun sebelumnya," kata Staf Humas Kantor Kemenag Kota Bengkulu Fachrul Rozi, Selasa 19 Maret 2024.

"Ya memang untuk zakat fitrah dalam bentuk uang ini ada kenaikan dari tahun sebelumnya, karena kita menyesuaikan dengan harga beras," sambungnya.

BACA JUGA:Akui Belum Maksimal Bantu Masyarakat, Baznas Kaur Ajak ASN Tingkatkan Kesadaran Untuk Bayar Zakat

Adapun besaran zakat fitrah 1445 Hijriah dengan nominal tertinggi 2,5 kilogram atau 3,5 liter atau 10 canting beras perjiwa, dengan kategori beras yang dibayarkan adalah beras yang dikonsumsi sehari-hari.

BACA JUGA:Gerak Cepat, Polisi Usut Oknum Jukir Pungli di Pantai Zakat

Sementara jika dikonversikan dalam bentuk uang, terdapat 3 kategori yakni, kategori pertama sebesar Rp45.000 per jiwa, kategori kedua Rp40.000 per jiwa, dan kategori ketiga sebesar Rp28.000 per jiwa.

Sedangkan tahun sebelumnya kategori pertama sebesar Rp40.000 per jiwa, kategori kedua Rp35.000 per jiwa dan kategori ketiga sebesar Rp30.000 per jiwa.

Iapun berpesan kepada warga kota Bengkulu yang wajib membayar zakat, untuk segera membayarkan zakat tersebut, agar nantinya di hari raya zakat tersebut dapat di berikan kepada mereka yang berhak.

BACA JUGA:Zakat Fitrah 2023 Meningkat 15 Persen, Alhamdulillah Terkumpul Sampai Miliaran

"Kami juga berpesan kepada warga Kota Bengkulu, muslim khususnya, agar segera membayarkan zakat fitrahnya, bisa ke Baznas atau masjid-masjid terdekat, agar bisa segera dimanfaatkan oleh penerima zakat agar mereka semua dapat berbahagia dihari raya nanti," tutup Fachrul.
(Ahmad)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: