Cara Mudah agar Anak Tidak Tersedak Saat Makan, Cek di Sini!

Cara Mudah agar Anak Tidak Tersedak Saat Makan, Cek di Sini!

Ilustrasi. Cara mudah agar anak tidak tersedak saat makan.--(Sumber Foto: Tim/BETV)

BETVNEWS - Tidak jarang ditemukan anak tersedak saat sedang makan. Meskipun terkesan sepele, namun bagi anak kecil hal tersebut bisa membahayakan tubuh.

Sehingga perlu untuk menjadi perhatian bagi para orang tua. Anak yang belum bisa sepenuhnya makan sendiri, apalagi jika tidak sengaja ditemukan serpihan mainan di dalam mulutnya.

Tentu hal tersebut menjadi kewaspadaan orang tua untuk menjaga anak. Berikut ini terdapat cara pencegahan jika hal tersebut terjadi, dilansir dari laman alodokter.

BACA JUGA:Anak Sering Mengigau? Coba Pakai Cara Ini Biar Tidur Nyenyak dan Nyaman

- Hindarilah makanan yang memiliki tekstur keras dan kenyal, misal buah anggur, permen, kacang, cokelat dan marshmallow. Kamu juga harus memastikan untuk memasak makanan bertekstur keras menjadi lunak, seperti wortel dan kentang.

- Tidak perlu meletakkan benda-benda kecil, misal baterai, kancing, jepit rambut, peniti dan koin pada area mudah dijangkau oleh anak.

- Kemudian pastikan bahwa kamu memilih mainan anak yang sesuai dengan usia anak.

BACA JUGA:Para Orang Tua Perlu Tahu! Ini 5 Kebiasaan Buruk yang Dapat Ditiru Anak, Hati-hati

- Kamu juga perlu senantiasa memeriksa mainan yang dimainkan oleh si anak. Bila terdapat bagian mainan patah atau rusak dapat menjauhkannya dari anak.

- Selalu biasakan anak agar makan sambil duduk tanpa melakukan aktivitas lainnya. Kemudian usahakan untuk tidak mengajak anak itu mengobrol ataupun bercanda saat makan.

Anak atau bayi yang sedang tersedak sangat diperlukan untuk segera memperoleh pertolongan, sebab kondisi ini bisa saja berakibat fatal. Untuk mendapatkan penanganan lebih lanjutnya dapat di bawa ke dokter bila hal tersebut diperlukan.

BACA JUGA:Perlu Dicoba! 5 Jenis Game yang Dapat Mengasah Otak Anak, Orang Tua Harus Tahu Ini

Selain tips pencegahan anak tersedak, ada penyebab kenapa si kecil bisa tersedak. penyebab anak dapat tersedak dikarenakan makanan, di mana makanan berukuran kecil, seperti kacang, permen, cokelat dan lain-lain.

Sebagaimana saluran pernapasan pada bayi masih kecil dan juga sempit, serta dilihat dari kemampuan bayi untuk mengunyah makanan belum dikatakan sempurna.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: