Segera Ketahui Dalil dan Hukum Puasa Ramadhan Ini untuk Ibadah Lebih Baik Lagi, Insya Allah Anti Mokel

Segera Ketahui Dalil dan Hukum Puasa Ramadhan Ini untuk Ibadah Lebih Baik Lagi, Insya Allah Anti Mokel

Segera ketahui dalil dan hukum puasa ramadhan ini untuk ibadah lebih baik lagi, insya Allah anti mokel--(Sumber Foto : Doc/BETV)

4. Surah Al-Baqarah Ayat 187

Allah SWT juga menerangkan tentang banyak hal terutama waktu berpuasa dalam surah yang sama di ayat ke 187 yang berbunyi. 

لِبَاسٌ لَّهُنَّ ۗ عَلِمَ اللّٰهُ اَنَّكُمْ كُنْتُمْ تَخْتَانُوْنَ اَنْفُسَكُمْ فَتَابَ عَلَيْكُمْ وَعَفَا عَنْكُمْ ۚ فَالْـٰٔنَ بَاشِرُوْهُنَّ وَابْتَغُوْا مَا كَتَبَ اللّٰهُ لَكُمْ ۗ وَكُلُوْا وَاشْرَبُوْا حَتّٰى يَتَبَيَّنَ لَكُمُ الْخَيْطُ الْاَبْيَضُ مِنَ الْخَيْطِ الْاَسْوَدِ مِنَ الْفَجْرِۖ ثُمَّ اَتِمُّوا الصِّيَامَ اِلَى الَّيْلِۚ وَلَا تُبَاشِرُوْهُنَّ وَاَنْتُمْ عَاكِفُوْنَۙ فِى الْمَسٰجِدِ ۗ تِلْكَ حُدُوْدُ اللّٰهِ فَلَا تَقْرَبُوْهَاۗ كَذٰلِكَ يُبَيِّنُ اللّٰهُ اٰيٰتِهٖ لِلنَّاسِ لَعَلَّهُمْ يَتَّقُوْنَ - ١٨٧

Artinya: "Dihalalkan bagimu pada malam hari puasa bercampur dengan istrimu. Mereka adalah pakaian bagimu, dan kamu adalah pakaian bagi mereka. Allah mengetahui bahwa kamu tidak dapat menahan dirimu sendiri, tetapi Dia menerima tobatmu dan memaafkan kamu. Maka sekarang campurilah mereka dan carilah apa yang telah ditetapkan Allah bagimu. Makan dan minumlah hingga jelas bagimu (perbedaan) antara benang putih dan benang hitam, yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa sampai (datang) malam. Tetapi jangan kamu campuri mereka, ketika kamu beriktikaf dalam masjid. Itulah ketentuan Allah, maka janganlah kamu mendekatinya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada manusia, agar mereka bertakwa."

BACA JUGA:Bagus untuk Tingkatkan Kesehatan Usus saat Ramadhan, Cek Manfaat Lainnya dari Buah Naga untuk Kesehatan

Hukum Puasa Ramadhan

Hukum menjalankan puasa Ramadhan adalah wajib selama satu bulan penuh untuk umat muslim yang telah baligh, mampu, sehat dan bukan sedang dalam keadaan berpergian jarak jauh (dalam jarak 82km). 

Kewajiban berpuasa iniada dalam ketetapan Allah yang dijelaskan di dalam Al-Qur'an, As-Sunnah dan ijma' umat Islam sebagaimana firman Allah SWT dalam Surah Al-Baqarah, 2:183) yang telah disebutkan di atas.

BACA JUGA:Sambut Ramadhan 1445 H, Ketua Komisi II DPRD Provinsi Bengkulu Ajak Masyarakat Saling Berbagi

Mengutip dari laman detik.com, Puasa Ramadhan merupakan rukun Islam yang ketiga, disyariatkan pada hari Senin tanggal 2 Syaban, tahun kedua Hijriah. Nabi SAW bersabda:

بُنِيَ الْإِسْلَامُ عَلَى خَمْسٍ شَهَادَةِ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًارَسُولُ اللَّهِ وَإِقَامِ الصَّلَاةِ وَإِيتَاءِ الزَّكَاةِ وَالْحَجِّ وَصَوْمِ رَمَضَانَ

"Islam itu ditegakkan atas lima azas yaitu: (1) Bersaksi bahwa sesungguhnya tidak ada Tuhan kecuali Allah, dan bersaksi bahwa sesungguhnya Nabi Muhammad adalah utusan Allah. (2) Mendirikan shalat. (3) Menunaikan zakat. (4) Berhaji ke Baitullah. (5) Berpuasa dalam bulan Ramadhan". (Hadits Shahih, riwayat Al-Bukhari: 7 dan Muslim: 19).(2)

BACA JUGA:Terapkan Pola Makan dan Tips Ini untuk Cegah Asam Lambung Kambuh Saat Berpuasa di Bulan Ramadhan

Demikian dalil dan hukum puasa ramadhan yang wajib kamu ketahui sebagai umat muslim sebelum melaksanakan ibadah puasa Ramadhan ini. Semoga ibadah puasamu tetap lancar sampe akhir ya! Semoga bermanfaat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: