Kamu Perlu Tahu! Ini 4 Golongan yang Tidak Dapat Mencium Aroma Surga, Salah Satunya Orang Sombong

Kamu Perlu Tahu! Ini 4 Golongan yang Tidak Dapat Mencium Aroma Surga, Salah Satunya Orang Sombong

Ilustrasi. Golongan orang yang tidak dapat mencium bau surga.--(Sumber Foto: Tim/BETV)

BACA JUGA:Kamu Perlu Tahu! Ini 6 Golongan Manusia yang Dijamin Masuk Surga, Siapa Saja Mereka?

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Itu tidaklah termasuk kesombongan, sesungguhnya Allah 'azza wajalla itu Indah dan menyukai keindahan. Akan tetapi sombong itu adalah siapa yang menolak kebenaran dan meremehkan manusia dengan kedua matanya." (HR. Ahmad).

2. Orang yang mencari ilmu akhirat untuk tujuan duniawi

Aktivitas untuk mempelajari ilmu agama, syariat dan akhirat adalah hal yang mulia dan sangat dianjurkan dalam Islam, bahkan Allah Ta'ala memerintahkan.

Namun, jika ilmu agama digunakan semata-mata untuk urusan duniawi saja, ancamannya baginya cukup mengerikan. Pelakunya tak akan mampu mencium bau surga. Rasulullah bersabda:

 BACA JUGA:Kamu Perlu Tahu! Ini 6 Golongan Manusia yang Dijamin Masuk Surga, Siapa Saja Mereka?

"Barangsiapa menuntut ilmu yang seharusnya untuk Allah, namun ia tidak menunntutnya kecuali untuk mencari dunia, maka pada hari kiamat ia tidak mendapatkan bau surga". (HR Ibnu Majah, Abu Daud dan Ahmad)

3. Istri yang meminta cerai tanpa alasan

Hal ini juga berlaku bagi seorang istri yang meminta cerai tanpa adanya alasan. Seorang istri tidak akan dapat mencium wanginya surga. Hal tersebut telah dijelaskan oleh Rasulullah SAW dalam sabdanya yaitu:

"Wanita mana saja yang meminta perceraian dari suaminya 'tanpa alasan yang benar, maka haram baginya bau surga." (HR. Abu Dawud)

BACA JUGA:Menilai Kepribadian Berdasarkan Golongan Darah, Apakah Tepat? Cek Punyamu di Sini!

4. Wanita yang berpakaian namun telanjang

Hal ini dijelaskan dalam hadits riwayat Muslim, bahwa Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

"Dua golongan neraka yang belum pernah aku lihat, kaum membawa cambuk seperti seekor sapi, dengannya ia memukuli orang dan wanita-wanita yang berpakaian (tapi) telanjang, mereka berlenggak-lenggok dan condong (dari ketaatan), rambut mereka seperti punuk unta yang miring, mereka tidak masuk surga dan tidak akan mencium baunya, padahal sesungguhnya bau surga itu tercium dari perjalanan sejauh ini dan ini".

BACA JUGA:Luangkan Waktumu Sebentar! Ini Manfaat Baca Al Quran dalam Islam, Perbanyak Ibadah di Bulan Ramadan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: