Posisi Hilal di Bengkulu Belum Tampak, Penetapan 1 Syawal Tunggu Hasil Sidang Isbat

Posisi Hilal di Bengkulu Belum Tampak, Penetapan 1 Syawal Tunggu Hasil Sidang Isbat

Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Bengkulu Melalui Bidang Urusan Agama Islam (Urais) menggelar kegiatan Rukyatul Hilal pada Selasa 9 April 2024 di Rooftop Mes Pemda Provinsi Bengkulu.--(Sumber Foto: CW/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi BENGKULU Melalui Bidang Urusan Agama Islam (Urais) menggelar kegiatan Rukyatul Hilal pada Selasa 9 April 2024 di Rooftop Mes Pemda Provinsi BENGKULU.

Kegiatan ini merupakan agenda rutin untuk melihat hilal dalam rangka menentukan kapan jatuhnya 1 Syawal 1445 Hijiriah.

BACA JUGA:Pemerintah Kota Bengkulu Pantau Posko Siaga Mudik Lebaran 2024

Hadir dalam kegiatan tersebut Kakanwil Kemenag Provinsi Bengkulu Dr. H. Muhammad Abdu, S.Pd.I., M.M., Plt. Kepala Biro Pemkesra Setda Provinsi Bengkulu Ferry Ernez Parera, Ketua BMKG Bengkulu, Ketua PA Bengkulu, Rektor UINFAS Bengkulu, para pimpinan Ormas Islam Provinsi Bengkulu, serta pejabat eselon III di lingkungan Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu beserta jajarannya.

Kanwil kementerian Agama provinsi Bengkulu Muhammad Abdu menjelaskan, dari hasil rukyatul hilal untuk Provinsi Bengkulu.

BACA JUGA:Sepanjang Ramadhan, Bang Ken Bagikan 500 Es Tebu Gratis Setiap Harinya

"Posisi hilal belum tampak, namun berdasarkan informasi yang di dapat dari beberapa wilayah sudah terlihat hilalnya. Terkait putusan 1 Syawal akan ditentukan oleh sidang isbat yang akan dilakukan Kementerian Agama, namun ada kemungkinan untuk 1 syawal akan jatuh Rabu 10 april besok," ujarnya 9 April 2024 pukul 18.30 WIB. 

BACA JUGA:H-1 Lebaran, Ratusan Pemudik Terus Berdatangan ke Bengkulu Menggunakan Bus

Di kesempatan yang sama, Karo Pemkesra Provinsi Bengkulu Ferry Ernez Parera mengatakan, apapun keputusan nanti masyarakat diharapkan saling menghargai.

Namun untuk kemungkinan besar pelaksanaan hari raya Idul Fitri akan serentak pada 10 April 2024.

BACA JUGA:Jelang Mudik, Jangan Lupa Baca Doa Perjalanan Jauh Berikut Agar Dilindungi oleh Allah SWT

"Untuk itu pihaknya berharap hari raya nantinya dirayakan dengan senang gembira dan kembali fitri," ujarnya saat wawancara BETV di Rooftop Mes Pemda Provinsi Bengkulu. (*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: