Kembali Fitri dan Terapkan Hidup Sehat Setelah Lebaran dengan Tips Hidup Sehat ala Rasulullah SAW Ini

Kembali Fitri dan Terapkan Hidup Sehat Setelah Lebaran dengan Tips Hidup Sehat ala Rasulullah SAW Ini

Kembali fitri dan terapkan hidup sehat setelah lebaran dengan tips hidup sehat ala Rasulullah SAW ini--(Sumber : Doc/BETV)

3. Berpuasa

Sebelumnya telah disebutkan jika Rasulullah juga rutin melakukan puasa sunnah. Selain itu, umat muslim juga diwajibkan untuk berpuasa di bulan Ramadhan. 

Namun umat muslim juga dapat melakukan puasa sunnah di beberapa hari tertentu, dan waktu puasa sunnah yang paling banyak dilakukan adalah puasa Senin dan Kamis. 

BACA JUGA:Harus Terkontrol! Berikut Sederet Tips Hidup Sehat Untuk Penderita Diabetes

Puasa sendiri telah diteliti dan terbukti memiliki khasiat pada tubuh seperti untuk membersihkan zat dan racun yang menumpuk pada tubuh khususnya pada ginjal, saluran pencernaan dan organ dalam tubuh lainnya.

Hal ini bahkan telah dijelaskan dalam hadist dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Berpuasalah kamu, niscaya kamu akan sehat.” (HR. Ibn Sunni dalam ‘Amalul Yaum wal Lailah no. 193. Al-Hafizh Abu Thohir)

BACA JUGA:Jangan Mager! Yuk Mulai Hidup Sehat di Rumah Dengan 8 Pilihan Olahraga Ramah Pemula Ini

4. Berolahraga

Rasulullah juga melakukan olahraga setiap harinya sehingga tubuhnya bugar dan sehat. 

Rasulullah biasanya berolahraga setiap pagi dengan berjalan kaki sambil menghirup udara segar. Beliau juga seringkali melakukan olahraga lain seperti berkuda, menunggang unta dan juga memanah. 

BACA JUGA:Kabar Baik, Ada 5 Cara Menjaga Pola Hidup Sehat ala Lansia, Dijamin Terhindar dari Penyakit Mematikan!

5. Menjaga Adab Makan dan Minum

Rasulullah juga dikenal sangat menjaga adabnya saat makan dan minum. Beliau selalu membaca doa sebelum dan sesudah makan. 

Rasulullah juga makan dengan menggunakan tangan makan, saat makan dan minum selalu dalam posisi duduk dimana posisi ini adalah posisi yang paling baik untuk dilakukan 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: