Kembali Fitri dan Terapkan Hidup Sehat Setelah Lebaran dengan Tips Hidup Sehat ala Rasulullah SAW Ini

Kembali Fitri dan Terapkan Hidup Sehat Setelah Lebaran dengan Tips Hidup Sehat ala Rasulullah SAW Ini

Kembali fitri dan terapkan hidup sehat setelah lebaran dengan tips hidup sehat ala Rasulullah SAW ini--(Sumber : Doc/BETV)

Selain itu, Rasulullah selalu berusaha menjaga pola makan. Beliau akan berusaha untuk mengonsumsi 7 butir kurma 'Ajwa setiap pagi. Kurma 'Ajwa ini disebutkan dalam hadist berkhasiat untuk menghindarkannya dari racun atau sihir. 

BACA JUGA:Terapkan! Inilah 5 Tips Hidup Sehat di Usia 30an yang Wajib Kamu Ketahui, Salah Satunya Kelola Stres

Bunyi dari hadist tersebut adalah : "Barang siapa yang memakan tujuh butir kurma Ajwah pada pagi hari, maka tidak akan mencelakainya racun dan sihir pada hari itu." (HR Bukhari dan Muslim)

Tidak hanya itu, Rasulullah juga selalu minum air putih yang sudah diberi madu sebagai sarapan dan beliau senantiasa melakukannya secara teratur. Hal ini telah dibuktikan oleh penelitian dapat mencegah resiko penyakit kardiovaskular. 

BACA JUGA:5 Tips Hidup Sehat di Bulan Puasa, Salah Satunya Minum Setidaknya 8 Gelas Air Mineral Ketika Berbuka dan Sahur

Dalam mengonsumsi makanan, Rasulullah selalu makan secukupnya dan menghindari sesuatu yag berlebihan. Beliau makan ketika merasa lapar dan berhenti sebelum merasa kenyang. Cara makan ini telah diterapkan oleh banyak orang di dunia ini. 

Rasulullah juga rutin berpuasa sunnah, berpuasa ini terbukti dapat membantu menstabilkan kadar hormon di dalam tubuh, mengurangi resiko peradangan serta mencegah stres okidatif di dalam tubuh. 

BACA JUGA:Tidak Ada Kata Terlambat, Yuk Terapkan 5 Tips Hidup Sehat untuk Lansia Ini untuk Tubuh Bugar di Usia Senja

2. Menjaga Kebersihan Tubuh

Selain menjaga pola makan, Rasulullah juga senantiasa memperhatikan kebersihan tubuh untuk menjaga kesehatannya. Hal ini dapat dilihat ketika beliau berwudhu, beliau selalu menyempurnakan wudhunya dan terbiasa mencuci tangan hingga sela-sela jarinya bersih. 

Oleh sebab itu, Rasulullah selalu sehat dan tidak pernah terkena masalah pencernaan meski makan dengan tangan sekalipun. 

BACA JUGA:Jadi Teladan Umat Islam Seluruh Dunia, Berikut 5 Tips Hidup Sehat Ala Rasulullah SAW, Yuk Ikuti!

Tak hanya itu, Rasulullah SAW juga senantiasa menjaga kebersihan mulut dan gigi. Pada masa itu, beliay selalu menyikat giginya dengan kayu siwak serta berkumur setiap kali berwudhu. 

Siwak sendiri rupanya memiliki kandungan fluor alami yang berguna untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi. 

BACA JUGA:Jangan Sampai Sakit! Terapkan 5 Tips Hidup Sehat Ini Untuk Kamu Para Pekerja Lembur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: