Wajib Tahu! Inilah 6 Pantangan Makanan untuk Lansia, Hindari Agar Lansia Selalu Sehat

Wajib Tahu! Inilah 6 Pantangan Makanan untuk Lansia, Hindari Agar Lansia Selalu Sehat

Wajib tahu! Inilah 6 pantangan makanan untuk lansia, hindari agar lansia selalu sehat--(Sumber Foto: Doc/BETV)

Makanan yang tidak matang memiliki banyak kemungkinan tertempel oleh beragam parasit dan bakteri seperti Selmonela, E.Coli, hingga Listeria. Telur dan daging yang kurang matang atau mentah dapat menimbulkan resiko keracunan makanan bahkan pada usia prima sekalipun. Bagi lansia, mereka beresiko lebih tinggi terhadap kemungkinan ini. 

BACA JUGA:Lansia Rewel Soal Makanan? Ini Tips Memilih Makanan Sehat Penuh Nutrisi Khusus Untuk Lansia, Apa Saja?

Meski demikian, kedua makanan ini tetap baik dikonsumsi selama dimasak dengan matang dan tidak ada kondisi medis tertentu yang melarang mereka mengonsumsinya. 

2. Susu Yang Tidak di Pasteurisasi

Umumnya mengonsumsi susu yang tidak dipasteurasi tergolong sehat karena masih terdapat kadar mineral yang utuh di dalam susu. Namun hal ini tidak berlaku bagi para lansia. 

BACA JUGA:Gunakan Tips Memilih Makanan Sehat Ini untuk Kelompok Lanjut Usia, Dijamin Tidak Rewel Lagi

Lansia justru harus menghindarinya karena susu yang tidak melewati proses pasteurisasi atau proses sterilisasi ini beresiko mengandung bakteri lebih tinggi dibandingkan susu yang telah melalui proses sterilisasi. 

Bagi lansia, susu harus melalui proses pasteurisasi atau dipanaskan terlebih dahulu sebelum dikonsumsi untuk membunuh bakteri berbahaya di dalamnya. 

BACA JUGA:Kelompok Lanjut Usia Perlu Kalsium Lebih, Inilah 5 Manfaat Konsumsi Susu Bagi Lansia

3. Makanan Tinggi Sodium

Garam dalam masakan dapat menambah cita rasa. Selain itu garam juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh, salah satunya untuk memproduksi hormon tiroid . 

Namun mengkonsumsi terlalu banyak garam justru dapat berpengaruh buruk pada tubuh, terutama bagi para lansia. Konsumsi garam berlebih dapat mengakibatkan hipertensi.

Cobalah untuk menambahkan bumbu lain saat masakan dirasa kurang sedap dan batasi asupan natrium agar tidak lebih dari 1,2 gram perhari. 

BACA JUGA:5 Efek Konsumsi Garam Berlebihan, Jarang Diketahui Ini Akibatnya

4. Makanan Rendah Lemak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: