Wajib Lakukan 6 Hal Ini Agar Terhindar dari Penyakit Malaria, Nomor 1 Gunakan Kelambu Saat Tidur

 Wajib Lakukan 6 Hal Ini Agar Terhindar dari Penyakit Malaria, Nomor 1 Gunakan Kelambu Saat Tidur

Ilustrasi. Hal yang harus dilakukan agar terhindar dari penyakit malaria.--(Sumber Foto: Web/freepik.com)

BETVNEWS - Bagi kamu yang ingin terhindar dari penyakit malaria wajib lakukan beberapa hal ini agar terhindar dari gigitan nyamuk Anopheles, salah satunya tidur menggunakan kelambu.

Penyakit malaria disebabkan oleh parasit yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Anopheles, dengan begitu salah satu cara mencegah penyakit malaria adalah dengan tidak tergigit oleh nyamuk Anopheles, yakni tidur menggunakan kelambu.

Nyamuk Anopheles memiliki ciri-ciri sangat menyukai genangan air dari sisa hujan, sungai, dan tempat air bersih yang berlum terkontaminasi.

BACA JUGA:Hindari Gigitan Nyamuk hingga Jaga Kebersihan, Ini 6 Cara Cegah Demam Berdarah di Rumah

Adapun gejala awal penyakit malaria yang disebabkan oleh gigitan nyamuk ini adalah demam tinggi, sakit kepala prah, menggigil, nyeri otot.

Salah satu cara mengatasinya yakni dengan mengkonsumsi obat antimalaria dan meminta pertolongan pada dokter, sedangkan cara menceganya yakni dengan menghindari gigitan nyamuk malaria itu sendiri.

Kamu bisa mengenakan pakaian tertutup, menggunakan obat nyamuk, rutin membersihkan lingkungan rumah terkhusus tempat tidur. Hal ini penting dilakukan karena jika sudah terkena penyakit malaria cukup sulit bahaya untuk kesehatan, bahkan jika tidak mendapatkan penangan yang tepat bisa menyebabkan kematian.

Melansir dari lipunan6.com, berikut hal yang harus dilakukan agar terhindar dari penyakit malaria:

BACA JUGA:Suka Tempat Lembap, Ini 6 Ciri-ciri Lain Nyamuk Demam Berdarah, Kamu Harus Waspada

1. Tidur menggunakan kelambu

Hal yang harus dilakukan agar terhindar dari penyakit malaria pertama adalah dengan mengunakan kelambu ketika tidur. Dengan begitu nyamuk tidak dapat menggigit ketika kamu sedang tertidur atau saat berada di dalamnya.

Hal ini sangat penting dilakukan apalagi jika kamu tinggal di daerah yang lembap dan banyak pepohonan gunung, hutan, atau daerah lembap lainnya.

2. Menggunakan pakaian tertutup

Hal yang harus dilakukan agar terhindar dari penyakit malaria selanjutnya adalah dengan menggunakan pakaian tertutup. Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa nyamuk malaria atau Anopheles menularkan parasit melalui gigitan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: