7 Cara Mengatasi Penyakit Malaria, Salah Satunya Melakukan Vaksin, Ini 6 Lainnya

7 Cara Mengatasi Penyakit Malaria, Salah Satunya Melakukan Vaksin, Ini 6 Lainnya

Ilustrasi. Cara mengatasi penyakit malaria yang harus diketahui.--Sumber foto: (Wab/hellosehat.com)

Cara mencegah penyakit malaria selanjutnya adalah dengan mengambil atau menggunakan vakisn. Sepeti yang sudah disampaikan sebelumnya bahwa vaksin dilakukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Dengan begitu parasit dari gigitan nyamuk Anopheles tidak dapat berkemban dan kamu terlindungi dari penyakit malaria.

Hal ini juga tidak kalah penting dilakukan, apalgi jika kamu tinggal pada daerah yang alami atau dikelilingi dengan pepohonan.

BACA JUGA:6 Cara Ampuh Mencegah Demam Berdarah, Nomor 1 Terapkan 3M, Apa Saja? Yuk Cek

3. Menghindari Wilayah Wabah

Cara mengatasi penyakit malaria berikutnya adalah dengan menghindari wilaya wabah. Hal ini karena wilaya wabah merupakan salah satu penyebab utama yang bisa membuat kamu terjangkit penyakit malaria.

Dengan menghindari wilayah wabah akan meminimalisir nyamuk Anopheles dapat menggigit kamu. Tidak hanya itu, dengan menghindari wilayah wabah tubuh akan lebih aman terhadap penyakit malaria.

BACA JUGA: Waspadai 5 Gejala Demam Berdarah, Salah Satunya Panas Tinggi, Ini yang LainBACA JUGA: Waspadai 5 Gejala Demam Berdarah, Salah Satunya Panas Tinggi, Ini yang Lain

4. Terapi obat klorokuin 

Selain menghindari wilayah wabah, kamu juga harus melakukan terapi obat klorokuin untuk mengatasi penyakit malaria. Terapi ini berfungsi untuk menghentikan tumbuhnya Anopheles sel darah merah.

Terapi ini dilakukan jika kondisi kamu belum terlalu parah, karena oabat ini memang dipormulasikan untuk efek gigitan nyamuk Anopheles yang tidak terlalu parah.

5. Terapi ACT  

Cara mengatasi penyakit malaria yang lain adalah dengan melakukan terapi ACT. Hal ini dilakukan untuk membunuh parasit yang ada di dalam tubuh akibat gigitan nyamuk Anopheles.

BACA JUGA:5 Gejala Demam Berdarah yang Harus Diwaspadai, Panas Tinggi Mendadak hingga Kelelahan, Cek yang Lain

Selain itu, terapi ini sangat dianjutkan untuk kamu yang terjangkit penyakit malaria Plasmodium falciparum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: