dempo

Mudah Dilakukan! Begini Cara Mengolah Daun Sirsak untuk Obat Tradisional, Sesuaikan dengan Kegunaan

Mudah Dilakukan! Begini Cara Mengolah Daun Sirsak untuk Obat Tradisional, Sesuaikan dengan Kegunaan

Mudah dilakukan! Begini cara mengolah daun sirsak untuk obat tradisional, sesuaikan dengan kegunaan--(Sumber Foto: Doc/BETV)

Menurut Stefanus dan Darmawan Tri Wibowo, ahli budidaya tanaman sirsak di Taman Wisata Mekarsari, sebaiknya merebus menggunakan kendi atau panci terbuat dari tanah liat supaya kemurnian zat yang ada dari daun sirsak tetap terjaga.

Minum air rebusan selagi hangat 3-4 kali sehari secara rutin, saat pagi, siang, sore hingga malam. Metode merebus daun sirsak di atas cocok digunakan sebagai pengobatan penyakit kanker, asam urat, kolesterol hingga diabetes.

BACA JUGA:Dikenal Sebagai Obat Alternaitf, Berikut Beberapa Khasiat Daun Sirsak Sebagai Obat

3. Dikeringkan

Selain direbus, kamu juga dapat mengolah daun sirsak dengan cara  dikeringkan. Daun sirsak kering punya senyawa yang tetap sama dari daun sirsak biasa sebab yang berkurang hanyalah kadar airnya saja. 

Meski demikian, jangan lupa untuk selalu cuci daun sirsak terlebih dahulu sampai bersih sebelum mengeringkan daun sirsak di bawah sinar matahari. 

BACA JUGA:Cegah Penuaan Dini hingga Menjaga Keindahan Rambut, Berikut Sederet Manfaat Buah Sirsak Uuntuk Kecantikan

Agar kandungan senyawa baik yang ada pada daun sirsak tidak rusak, sebaiknya kamu tutupi daun sirsak menggunakan kain hitam agar daun sirsak tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung.

Usai daun sirsak kering, kamu dapat merebus daun sirsak itu sebanyak 10-15 daun ke dalam 400 cc air (2 gelas) dengan api kecil. Lalu tunggu sampai menguap dan tersisa satu gelas air. Minum selagi hangat secara rutin agar mendapat manfaat dari daun sirsak dengan optimal.

BACA JUGA:Tidak Hanya Enak, Berikut 6 Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan yang Perlu Kamu Ketahui

Demikian beberapa cara mengolah daun sirsak sebagai obat tradisional yang dapat kamu lakukan sendiri di rumah. Penggunaan obat tradisional ini biasanya minim efek samping, namun jika kamu memiliki kondisi kesehatan tertentu, maka sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter untuk menghindari terjadinya efek samping yang tidak diinginkan. Semoga bermanfaat!(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: