dempo

Mudah Dilakukan! Begini Cara Mengolah Daun Sirsak untuk Obat Tradisional, Sesuaikan dengan Kegunaan

Mudah Dilakukan! Begini Cara Mengolah Daun Sirsak untuk Obat Tradisional, Sesuaikan dengan Kegunaan

Mudah dilakukan! Begini cara mengolah daun sirsak untuk obat tradisional, sesuaikan dengan kegunaan--(Sumber Foto: Doc/BETV)

Jika telah memilih daun sirsak yang tepat, berikut cara mengolah daun sirsak menjadi obat alami yang dapat kamu lakukan di rumah. 

Cara Mengolah Daun Sirsak untuk Obat Tradisiona;

1. Diblender atau Ditumbuk

Cara pengolahan daun sirsak yang pertama adalah dengan diblender atau ditumbuk, cara ini sangat cocok digunakan dalam pengobatan penyakit kulit lantaran sangat efisien, praktis, dan tidak memerlukan waktu lama. 

BACA JUGA:Ternyata Buah Sirsak dapat Menjaga Kesehatan Rambut, Simak Manfaat Lainnya dan Klaim Segera

Kamu hanya perlu menyiapkan 3-5 lembar daun sirsak yang telah dicuci bersih, lalu tambahkan 1/4 gelas air (50 cc) air hangat agar membantu proses penghancuran. Tutup wadah secara rapat supaya panas tetap terjaga dan proses ekstraksi senyawa bisa maksimal.

Setelah itu, balurkan daun sirsak pada kulit yang mengalami keluhan, diamkan sebentar hingga kering, lalu ulangi sampai daun sirsak tersebut habis. 

BACA JUGA:Mudah Banget, Ini Cara Mengolah Daun Sirsak untuk Kesehatan, Cukup Lakukan Hal Berikut

Jika kamu tidak memiliki blender, maka pengolahan daun sirsak dapat juga dapat dilakukan dengan cara ditumbuk atau digerus dengan cobek.

2. Direbus

Selain diblender dan ditumbuk, pengolahan daun sirsak juga dapat dilakukan dengan direbus. Biasanya metode ini dilakukan saat kamu hendak mengonsumsi air rebusan daun ini. 

BACA JUGA:Baik untuk Kesehatan! Ini 6 Manfaat Daun Sirsak yang Perlu Diketahui, Dipercaya Ampuh Obati Insomnia

Dalam pengolahannya, kamu perlu menyiapkan 10-15 lembar daun sirsak. Lalu cuci bersih terlebih dahulu menggunakan air mengalir kemudiam panaskan air sejumlah 600 cc (3 gelas) di atas api kecil. 

Setelah itu masukkan daun sirsak ke dalam air yang telah dipanaskan dan tunggu sampai menguap dan air rebusan yang tersisa hanya 1 gelas saja lalu saring air rebusan hingga tak ada sisa daun sirsak di dalam air.

BACA JUGA:10 Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan, Salah Satunya Membantu Mengobati Asam Urat, Yuk Intip Kasiat Lainnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: