dempo

Puasa Tarwiyah Punya Banyak Keutamaan, Pelajari Niat dan Tata Caranya di Sini

Puasa Tarwiyah Punya Banyak Keutamaan, Pelajari Niat dan Tata Caranya di Sini

Ilustrasi. Niat, tata cara, dan keutamaan puasa Tarwiyah.--(Sumber Foto: Doc/BETV)

Keutamaan puasa Tarwiyah berikutnya adalah menghikuti sunnah Rasullulah, seperti yang diketahu bahwa Puasa Tarwiyah menjadi salah satu amalan yang di sunnahkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Barang siapa yang mengikuti langkay-Nya maka insya Allah akah mendapatkan safaat yang luar biasa untuk kehidupan di dunia dan akhirat.

BACA JUGA:Yuk Amalkan! Ini 7 Keutamaan Puasa Syawal Enam Hari, Ibadah Sunah Umat Islam Setelah Bulan Ramadan

Melatih Diri Menahan Nafsu

Keutamaan puasa Tarwiyah lainnya adalah melatih diri menahan nafsu. Seperti yang dikatakan bahwa puasa tidak hanya kegiatan menahan lapar dan haus saja, namun juga belajar menahan napsu lain seperti mengendalikan emosi, amarah, dan hal-hal lainnya.

Pengendalian diri yang baik akan mendatangkan hal-hal positif dalam kehidupan, oleh karenanya puasa Tarwiyah sangat istimewa. 

BACA JUGA:Cek di Sini! Jadwal dan Niat Puasa Syawal, Ibadah Sunah 6 Hari Umat Muslim, Yuk Segera Amalkan

Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT

Keutamaan puasa Tarwiya berikutnya adalah dapat lebih dekat dengan Allah SWT. Seperti yang diketahui bahwa puasa Tarwiyah merupakan salah satu yang paling dicintai Allah SWT.

Dengan melaksanakan puasa Tarwiyah maka akan menjadi bagian dari yang paling dicintai Allah SWT. Sebagaimana nabi Muhammad hal-hal yang dicintai Allah SWT agar lebih dekat kepada-Nya begitupula seharusnya umat ke pada Rasulullah, melakukan hal-hal yang dicintai agar turut dicintai pula.

BACA JUGA:Olah Buah Kurma Menjadi Puding yang Legit untuk Menu Takjil Berbuka Puasa Hari Ini, Berikut Resepnya

Tingkatkan Kepekaan

Keutamaan puasa Tarwiyah yang terakhir adalah meningkatkan kepekaan. Hal tersebut sebagaimana alasan utama adanya puasa itu sendiri.

Puasa dilaksanakan untuk sama-sama merasakan penderitaan saudara yang kekurangan, sehingga dengan melaksanakan puasa Tarwiyah maka rasa peka akan menjadi berati.

Demikian informasi mengenai niat, tata cara, dan keutamaan puasa Tarwiyah, semoga bermanfaat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: