dempo

10 Keutamaan Ibadah Kurban Bagi Seorang Muslim, Dapat Kebaikan dari Setiap Helai Bulu Hewan

10 Keutamaan Ibadah Kurban Bagi Seorang Muslim, Dapat Kebaikan dari Setiap Helai Bulu Hewan

Ilustrasi. Keutamaan ibadah kurban bagi umat muslim.--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Umat muslim yang melaksanakan ibdah kurban akan mendapatkan banyak syafaat, yuk cek keutamaan ibadah kurban di sini.

Ibdah kurban adalah sebuah usaha mendekatkan diri kepada Allah SWT yang dilakukan oleh seorang muslim dengan syarat jika mampu.

Berkurban dilakukan pada tanggal 10 Dzulhijjah atau setelah sholat Idul Adha, ibadah ini dilatarbelakangi oleh pristiwa ketika nabi Ibrahim yang mengurbankan anak kandungnya Isma'il atas perinta Allah SWT sebagai bukti ketaatannya.

BACA JUGA:5 Tips Menyimpan Daging Kurban Agar Tahan Lama di Kulkas

Hal tersebut sekaligus sebagai pengingat bahwa apapun yang berharga di hidup seorang muslim tersebut adalah atas izin Allah SWT.

Namun, belum sempat Nabi Ibrahim menyembelih anaknya, Allah SWT telah lebih dahulu mengganti Isma'il dengan domba. Oleh karena itu, berkurban adalah ibadah sebagai bentuk ketaatan kepada Allah SWT.

Hewan yang dikurbankan pada saat Idul Adha boleh domba, sapi, kambing, atau unta. Daging hewan kurban yang disembelih akan dibagikan kepada orang-orang yang layak mendapatkannya. 

Pembagian daging hewan kurban ini sendiri dimaksutkan sebagai bentuk kepedulian terhadan sesama saudara seiman.

BACA JUGA:Ini 5 Cara Alami Membuat Daging Kurban Empuk dan Gak Keras, Cobain Yuk

Ada banyak keutamaan dari ibadah berkurban, salah satunya adalah menghilangkan sifat buruk. Hal tersebut karena sejatinya arti kata berkurban adalah menghilangkan sifat egois, serakah, dan sifat buruk lainnya.

Dilansir dari laman resmi detik.com, berikut keutamaan ibadah kurban bagi muslim:

1. Menghilangkan Sifat Buruk

Keutamaan ibadah kurban yang pertama adalah menghilangkan sifat buruk. Hal tersebut karena arti kata berkurban sendiri berari menghilangkan sifat egois, serakah, rasa memiliki dan sifat buruk lainnya.

Di samping itu, berkurban memang dimaksudkan sebagai ketaatan seorang muslin ke pada Allah SWT bahwa tidak ada yang abadi di muka bumi, semuanya ada atas izin-Nya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: