dempo

7 Bahaya Mandi Malam untuk Kesehatan, Perburuk Gejala Rematik hingga Tingkatkan Resiko Hipotermia

7 Bahaya Mandi Malam untuk Kesehatan, Perburuk Gejala Rematik hingga Tingkatkan Resiko Hipotermia

Ilustrasi. Bahaya mandi malam untuk kesehatan tubuh.--(Sumber Foto: Doc/BETV)

2. Menyebabkan otot kaku

Kedinginan akibat mandi malam juga dapat membuat otot menjadi kaku. Hal ini karena suhu dingin yang mengguyur tubuh dapat membuat sirkulasi darah menurun lalu menyebabkan otot-otot menjadi tegang dan kaku.

Mandi malam tidak hanya berbahaya bagi penderita rematik. Namun, juga berbahaya untuk kondisi tubuh yang sehat sekalipun. Selain menyebabkan otot menjadi kaku, mandi malam juga dapat membuat demam.

BACA JUGA:Cukup Tidur Tepat Waktu Setiap Hari, Ini 7 Manfaat Kesehatan yang Dirasakan

3. Bisa menyebabkan flu

Jika mandi saat pagi hari dapat menyembuhkan flu, berbeda dengan mandi malam yang malah menyebabkan flu. Hal ini karena virus pada tubuh lebih cepat menyebar dalam keadaan suhu tubuh yang renda atau saat kedinginan.

Flu tidak hanya dapat menyebabkan hidung tersumpat namun, juga dapat memicu terjadinya demam dan sakit kepala.

Hal ini sudah dibuktikan dengan penelitian yang dilakukan oleh Yale University tahun 2015. Dari penelitian ini diketahui bahwa virus yang menginfeksi rongga hidung yang bersuhu dingin lebih mudah menimbulkan penyakit influenza daripada yang menginfeksi rongga hidung bersuhu hangat.

BACA JUGA:Inilah Sederet Manfaat Air Putih untuk Kesehatan, Berkhasiat Paling Ampuh Atasi Sakit Kepala

4. Berisiko terkena bronkitis akut

Selain menyebabkan flu, mandi saat malam hari juga dapat menyebabkan peradangan saluran pernapasan atau bronkitis. Hal ini disebabkan oleh infeksi virus pada saluran pernapasan, karena suhu dingin yang mengguyur badan pada malam hari.

5. Asma berisiko kambuh

Mandi saat malam hari juga tidak dianjurkan oleh pengidap penyakit asma karena dapat beresiko kambuh. Hal ini karena perubahan suhu yang tiba-tiba memicu gangguan pada saluran pernapasan Anda. Menurut penelitian melalui jurnal Clinical and Translational Allergy mandi malam dapat menyebabkan saluran pernapasan tersumbat.

BACA JUGA:Tidak Sepenuhnya Buruk, Stres Ternyata Baik untuk Kesehatan, Ini Manfaatnya

6. Memicu kejang pada penderita epilepsi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: