dempo

5 Tips Memilih Hewan Kurban yang Baik dan Penuhi Syarat Sah, Cek Umur Salah Satunya

5 Tips Memilih Hewan Kurban yang Baik dan Penuhi Syarat Sah, Cek Umur Salah Satunya

Ilustrasi. Tips memilih hewan kurban yang baik dan penuhi syarat sah.--(Sumber Foto: Doc/BETV)

Tips memilih hewan kurban yang baik dan penuhi syarat sah pertama adalah dengan memastikan hewan ternak. Maksudnya adalah muslim tersebut harus memastikan hewan tersebut benar diternak. 

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa hewan ternak yang boleh dikurbankan adalah domba, kambing, sapi atau kerbau, dan unta.

Di samping itu, pastikan hewan tersebut memenuhi syarat yang sudah disyariatkan dan layak untuk dikurbankan, mulai dari kesehatan fisik ataupun umur.

BACA JUGA:Daging Kurban Akan Dibagikan Kepada 3 Orang Ini, Mereka Berhak Menerimanya

Umur Hewan Kurban

Tips memilih hewan kurban yang baik dan penuhi syarat sah selanjutnya adalah umur hewan harus sudah cukup dan sesuai dengan syarat.

Masing-masing jenis hewan memiliki syarat umur minimal agar sah dikurbankan, yakni untuk umur domba harus sudah berumur lebih dari satu tahun dan telah berganti gigi.

Kemudian, kambing harus sudah berumur lebih dari dua tahun dan sapi atau kerbau setidaknya berumur lima tahun dan telah memasuki tahun keenam.

Selanjutnya unta harus sudah berumur minimal 5 tahun dan keadaan hewan kurban tersebut harus dalam keadaan sehat.

Selain itu, ada tips yang bis akamu lakukan untuk memastikan umur hewan tersebut jika membeli dari perternak lain.

Kamu bisa cek apakah gigi susu hewan tersebut telah tanggul atau belum, jika sudah maka hal tersebut menandakan hewan ternak itu sudah cukup umur. 

BACA JUGA:Jelang Idul Adha, Ini 4 Jenis Hewan yang Boleh Dikurbankan Menurut Syariat Islam

Hewan Kurban Tidak Cacat

Tips memilih hewan kurban yang baik dan penuhi syarat sah berikutnya adalah dengan melihat kondisi fisik hewan tersebut.

Pastikan hewan yang ingin dipilih tidak cacat, kamu bisa periksa mulai dari kaki, tangan, mata, hidung, kuping, dan badannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: