dempo

Inilah 5 Kebiasaan Buruk Penyebab Susah Buang Air Besar, Salah Satunya Kurang Mengonsumsi Air Putih

Inilah 5 Kebiasaan Buruk Penyebab Susah Buang Air Besar, Salah Satunya Kurang Mengonsumsi Air Putih

5 Kebiasaan Buruk Penyebab Susah Buang Air Besar--(Sumber Foto: Doc/BETV)

Kamu mungkin akan terkejut jika terlalu stress dapat menyebabkan masalah pada sistem pencernaan, salah satunya adalah susah buang air besar.

Tapi benar adanya, pengaruh hormon stress pada tubuh dapat menyebabkan sembelit. Ketika mengalami stress pasti ada hal yang ingin dilakukan.

Biasanya ketika seseorang ingin meredakan stress, makan adalah salah satu solusinya. Banyak makan, namun tidak mengonsumsi cairan yang cukup, serta jarang berolahraga, kebiasaan seperti inilah yang dapat membuat sembelit.

BACA JUGA:5 Kebiasaan Pagi Ini Bisa Rugikan Tubuhmu, Nomor 1 Sering Dilakukan

4. Konsumsi Makanan Pemicu Sembelit

Mengonsumsi makanan pemicu sembelit menjadi salah satu faktor mengapa sulit buang air besar. Sama seperti makanan yang mendorong buang air besar secara teratur, ada juga makanan yang harus dihindari jika ingin BAB teratur. 

Maka dari itu, kamu harus mengevaluasi kembali pola makan dan mengganti makanan apa pun yang dapat menyebabkan sembelit.

Contoh makanan penyebab sembelit adalah makanan cepat saji, daging empuk, gorengan, roti putih, roti manis, hingga telur.

BACA JUGA:Jaga Sikap Ya Bunda, 5 Kebiasaan Buruk Orang Tua Ini Bisa Ditiru oleh Si Kecil

5. Kebiasaan Menahan BAB

Kebiasaan menahan BAB adalah salah satu faktor susah untuk buang air besar. Kebiasaan menahan diri untuk buang air besar, misalnya karena malu atau tidak ada waktu, dapat mengubah pola pencernaan dan membuat feses keras.

Untuk mencegah dan mengatasi sulit buang air besar, penting memiliki pola makan yang sehat dengan cukup serat, minum air yang cukup, bergerak secara teratur, dan tidak menahan keinginan buang air besar.

BACA JUGA:Perlu Dihindari, Inilah 7 Kebiasaan Bikin Berat Badan Naik Drastis di Malam Hari

Itulah 5 kebiasaan buruk penyebab susah buang air besar. Semoga membantu dan bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: