dempo

Waspada Obesitas pada Anak, Kenali 5 Penyebab Ini dan Atasi Sejak Dini

Waspada Obesitas pada Anak, Kenali 5 Penyebab Ini dan Atasi Sejak Dini

Waspada obesitas pada anak, kenali 5 penyebab ini dan atasi sejak dini--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Sebagai sebuah masalah kesehatan yang dapat membahayakan, penting bagi orang tua untuk mengetahui penyebab obesitas pada anak agar dapat mengatasinya dengan cepat. 

BACA JUGA:Orang Tua Wajib Tahu! Ini Sederet Tanda Anak Alami Obesitas, Salah Satunya Leher Terlihat Pendek

Banyak orang tua yang tidak mengetahui jika anak mereka mengalami obesitas dan justru merasa senang jika anak mereka gemuk serta memilii nafsu makan yang tinggi. 

Kebanyakan orang tua masih menganggap jika anak yang gemuk adalah anak yang sehat. Padahal berat badan berlebih yang berujung obesitas ini sangat tidak baik untuk kesehatan anak. 

BACA JUGA:6 Tips Sehat Mencegah Obesitas, Batasi Makanan Manis Hingga Olahraga 3 Kali Seminggu

Obesitas sendiri merupakan sebuah kondisi kronis yang biasanya terjadi akibat adanya penumpukan lemak yang sangat tinggi di dalam tubuh. 

Kondisi ini terjadi saat kalori yang masuk ke dalam tubuh lebih banyak dibandingkan dengan proses pembakaran yang dilakukan sehingga lemak akan bertumpuk di dalam tubuh. 

BACA JUGA:Begadang Hingga Mengonsumsi Makanan Berlemak, Inilah 7 Kebiasaan Buruk Penyebab Obesitas

Memiliki tubuh yang gemuk bisa dikategorikan sebagai obesitas pada anak-anak dan juga dapat meningkatkan resiko komplikasi berbagai jenis penyakit

Masalah obesitas tidak hanya dialami oleh orang dewasa. Anak-anak pun rentan mengalami kondisi ini yang jika dibiarkan dapat memicu berbagai gangguan kesehatan pada anak tersebut. 

BACA JUGA:Cegah Obesitas dengan Bahan Alami, Yuk Coba Atasi dengan 6 Buah-buahan Ini, Dijamin Manjur

Melansir dari laman alodokter.com, data Kementerian Kesehatan Republik Indonesia tahun 2018, diperkirakan sekitar 18–19% anak berusia 5–12 tahun di Indonesia memiliki berat badan berlebih dan 11% anak di usia tersebut menderita obesitas.

Oleh sebab itu, penting bagi orang tua untuk dapat mengetahui penyebab dari obesitas ini untuk dapat melakukan tindakan pengobatan dan juga pencegahan agar kondisi tidak semakin buruk. 

BACA JUGA:Tidak Hanya Mengurangi Makan, Kamu Perlu Menerapkan 7 Cara Ini Jika Ingin Terhidar dari Obesitas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: