KPU

6 Cara Tepat Cegah Obesitas pada Anak, Salah Satunya Atur Jadwal Olahraga Rutin

6 Cara Tepat Cegah Obesitas pada Anak, Salah Satunya Atur Jadwal Olahraga Rutin

6 cara tepat cegah obesitas pada anak, salah satunya atur jadwal olahraga rutin--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Penting bagi para orang tua untuk mengetahui cara mencegah obesitas pada anak lantaran obesitas dapat emnjadi sumber dari berbagai jenis penyakit lain. 

BACA JUGA:7 Bahaya Obesitas Ini Bisa Intai Tubuh Anak, Jangan Anggap Sepele ya, Bunda!

Melansir dari laman alodokter.com, data Kementerian Kesehatan Republik Indonesia tahun 2018, diperkirakan sekitar 18–19% anak berusia 5–12 tahun di Indonesia memiliki berat badan berlebih dan 11% anak di usia tersebut menderita obesitas.

Obesitas tentunya memiliki berbagai dampak buruk bagi kesehatan anak. Tidak hanya itu, hal ini dapat membuat berbagai penyakit dapai mengintai tubuh anak. 

BACA JUGA:Waspada Obesitas pada Anak, Kenali 5 Penyebab Ini dan Atasi Sejak Dini

Obesitas sendiri merupakan sebuah kondisi kronis yang biasanya terjadi akibat adanya penumpukan lemak yang sangat tinggi di dalam tubuh. 

Kondisi ini terjadi saat kalori yang masuk ke dalam tubuh lebih banyak dibandingkan dengan proses pembakaran yang dilakukan sehingga lemak akan bertumpuk di dalam tubuh. 

BACA JUGA:Orang Tua Wajib Tahu! Ini Sederet Tanda Anak Alami Obesitas, Salah Satunya Leher Terlihat Pendek

Memiliki tubuh yang gemuk bisa dikategorikan sebagai obesitas pada anak-anak dan juga dapat meningkatkan resiko komplikasi berbagai jenis penyakit. 

Masalah obesitas tidak hanya dialami oleh orang dewasa. Anak-anak pun rentan mengalami kondisi ini yang jika dibiarkan dapat memicu berbagai gangguan kesehatan pada anak tersebut. 

BACA JUGA:6 Tips Sehat Mencegah Obesitas, Batasi Makanan Manis Hingga Olahraga 3 Kali Seminggu

Masalah kesehatan yang dapat timbul akibat obesitas ini di antaranya seperti diabetes tipe-2, masalah pada jantung, masalah hormonal, dan berbagai penyakit lainnya. 

Oleh sebab itu, penting bagi orang tua untuk mencegah obesitas ini pada anak dan menghentikan kebiasaan menganggap anak yang gemuk sebagai anak yang sehat dan lucu. 

BACA JUGA:Begadang Hingga Mengonsumsi Makanan Berlemak, Inilah 7 Kebiasaan Buruk Penyebab Obesitas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: