KPU

Cakap Cegah Serangan Jantung, Makan Sayur Berikan 6 Manfaat Ini untuk Kesehatan

Cakap Cegah Serangan Jantung, Makan Sayur Berikan 6 Manfaat Ini untuk Kesehatan

Ilustrasi. Manfaat makan sayur untuk kesehatan.--Sumber foto: (Doc/BETV)

BETVNEWS - Sayur merupakan salah satu tanaman yang mampu berikan manfaat kesehatan untuk tubuh, yuk simak penjelasannya.

Sayuran adalah baban alami yang kaya kandungan vitamin dan nutrisi untuk tubuh, makan sayur sangat baik untuk menu jang kesehatan.

Hal tersebut karena sayur diperkaya dengan kandungan serat, zat besi, vitamin C, folat, dan berbagai sifat antioksidan.

BACA JUGA:Bukan Cuma Jadi Topping Kue, Ini 6 Manfaat Buah Ceri untuk Kesehatan Tubuh, Intip Apa Saja

Kandungan inilah yang berfungsi untuk membantu sayur menutrisi tubuh sehingga penyakit enggan hinggap.

Makan sayur secara teratur bisa bikin kamu lebih sehat den tentunya menambah stamina tubuh jika dikonsumsi dalam jumlah yang wajar.

Melansir dari alodokter.com, berikut manfaat mengkonsumsi sayur untuk kesehatan:

BACA JUGA:Super Food! Inilah 10 Daftar Lengkap Manfaat Buah Blueberry Bagin kesehatan Tubuh

1. Mencegah serangan jantung

Manfaat mengkonsumsi sayur untuk kesehatan yang pertama adalah mencegah serangan jantung. Kemampuan ini diperoleh dari kandungan vitamin C yang dimiliki sayur itu sendiri.

Diketahui kandungan vitamin C yang dimiliki sayuran berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung sehingga meminimalisir terjadinya serangan jantung.

Tidak hanya itu, manfaat tersebut juga didorong oleh kandungan magnesium, nitrat, dan karotenoid yang bersifat antiradang sehingga jantung menjadi lebih kuat dan terhindar dari peradnagan yang bisa menyebabkan serangan jantung.

BACA JUGA:10 Manfaat Pare untuk Kesehatan, Kendalikan Gula Darah hingga Cegah Anemia

2. Mencegah pikun

Manfaat makan sayur untuk kesehatan selanjutnya adalah membantu mencegah pikun. Hal tersebut karena sayuran diperkaya dengan kandungan antioksidan berupa folat, beya karoten, dan zinc yang mampu meningkatkan daya ingat.

Oleh karena itu, sayuran sangat baik diknsumsi terkhusus untuk lansia karana dapat mencegah pikun.

Lebih dari itu, kandungan yang dimiliki sayur juga dapat menyhatkan otak karna kandungan yang dimilikinya.

BACA JUGA:Kesehatan Rongga Mulut Makin Terjaga, Ini Manfaat Lain Buah Kelapa yang Sayang Dilewatkan

3. Mencegah radang sendi

Manfaat makan sayur untuk kesehatan berikutnya adalah mencegah radang sendi. Hal tersebut karena sayur memiliki banyak kandungan vitamin seperti vitamin A, C, dan E yang memang efektif menjaga kesehatan persendian.

Kandungan tersebut mampu melindungi sendi dari radikal bebas sehingga meminimalisir resiko peradangan.

4. Mencegah flu

Selain makan radang sendi, konsumsi sayur juga bisa cegah flu. Manfaat ini belum banyak diketahui, kandungan vitamin A dan C yang bisanya terdapat di dalam sayur efektif meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

BACA JUGA:Intip Kandungan Nutrisi di Dalam Buah Markisa, Berikut 7 Manfaatnya Untuk Kesehatan Tubuh

Dengan begitu, rubuh akan lebih kebal terhadap virus dan bakteri penyebab flu. Lebih dari itu, kandungan tersebut mampu melawan radikal bebas sehingga tubuh menjadi lebih sehat dan kuat.

5. Mencegah keriput

Manfaat makan sayur untuk kesehatan yang lainnya adalah membantu mencegah keriput. Seperti yang diketahui bahwa sayur memiliki banyak kandungan vitamin dari vitamin A, C, hingga E.

Kandungan ini dipercaya dapat memperbaiki kolagen di kulit sehingga wajah menjadi lebih kencang dan terhindari dari keriput.

BACA JUGA:7 Manfaat Mengonsumsi Jambu Biji Secara Rutin untuk Kesehatan, Salah Satunya Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Tidak hanya itu, sayur juga memiliki banyak sifat antioksidan lain yang mampu melindungi kulit dari paparan sinar matahari sehingga wajah selalu sehat dan kenyal.

6. Mencegah katarak

Manfaat makan sayur untuk keshetaan selanjutnya adalah membantu mencegah katarak. Hal tersebut berkat kandungan vitamin A yang terdapat di dalam sayur membuat penglihatan lebih jernih.

Di sisi lain, sayur juga memiliki kandungan vitamin C dan E yang juga efektif menjaga kesehatan penglihatan sehingga menjadi lebih terang.

BACA JUGA:7 Manfaat Daging Kambing untuk Kesehatan, Salah Satunya Dapat Mencegah Anemia

Ada banyak jenis sayuran hijau yang bisa secara rutin kamu konsumsi, diantaranya adalah sayur kangkung, bayam, brokol dan banyak sayuran hujau lainnya. Itulah beberapa manfaat makan sayur untuk kesehtan, semoga bermanfaat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: