dempo

7 Pemicu Diabetes pada Anak, Hindari Mulai Sekarang ya Bunda!

7 Pemicu Diabetes pada Anak, Hindari Mulai Sekarang ya Bunda!

Ilustrasi. 7 pemicu diabetes pada anak, hindari mulai sekarang ya bunda!--(Sumber Foto: Doc/BETV)

Sementara itu, diabetes tipe 2 pada anak menjadi penyakit yang kronis serta memerlukan perawatan khusus. Penyakit ini biasanya dialami oleh orang dewasa meski juga dapat dialami oleh anak yang berusia di atas 10 tahun atau telah memasuki usia remaja. 

Biasanya diabetes tipe 2 pada anak ini disebabkan oleh beberapa hal seperti faktor keturunan, anak yang memiliki kelebihan berat badan, anak yang jarang berolahraga serta sering mengonsumsi makanan tinggi gula. 

BACA JUGA:Penderita Diabetes Perlu Konsumsi 7 Minuman Ini! Salah Satunya Susu Rendah Lemak

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai penyebab diabetes ini, berikut telah BETV rangkum beberapa informasinya untuk dapat kamu simak dalam artikel ini. 

Penyebab Diabetes pada Anak

1. Tubuh Tidak Memproduksi Insulin

Penyebab diabetes pertama yang terjadi pada anak adalah tubuh anak yang tidak bisa memproduksi insulin. Hal ini menjadi penyebab utama mengapa anak mengalami diabetes. 

BACA JUGA:Begadang Hingga Kurang Tidur, 7 Kebiasaan Buruk Ini Suka Memicu Gula Darah Naik, Yuk Hindari Terkena Diabetes

Tubuh tidak bisa memproduksi insulin yang cukup karena sistem kekebalan tubuh yang semestuinya berfumgsi untuk melawan bateri dan virus justru menghancurkan sel penghasil insulin di bagian pankreas. 

Insulin sendiri merupakan hormon yang membantu menyerap sel-sel glukosa sehingga jika anak kekurangan insulin, kadar gula di dalam tubuh akan menumpuk dan menyebabkan diabetes. 

BACA JUGA:Kacang-kacangan dan Sayuran Ini Mengandung Indeks Glikemik Rendah, Punya Riwayat Diabetes Wajib Coba

2. Genetik atau keturunan

Selain tubuh yang tidak memproduksi insulin, penyebab utama lainnya yang menyebabkan diabetes pada anak adalah karena adanya faktor genetik yang biasanya dikaitkan dengan penyakit autoimun yang menyebabkan diabetes. 

Hal ini lantaran diabetes merupakan penyakit yang berpotensi untuk diturunkan pada anak sehingga jika terdapat orang tua atau saudara kandung yang mengidap diabetes baik tipe 1 maupun tipe 2, maka mereka memiliki resiko tinggi untuk menurunkan penyakit ini. 

BACA JUGA:Waspada Diabetes! Kenali Tanda Tubuh Kelebihan Gula Darah Sejak Dini, Salah Satunya Mudah Lapar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: