KPU

7 Ciri Perilaku Gaslighting, Remehkan Perasaan Orang Lain hingga Bikin Kamu Feeling Lonely

7 Ciri Perilaku Gaslighting, Remehkan Perasaan Orang Lain hingga Bikin Kamu Feeling Lonely

Ilustrasi. Ciri-ciri perilaku gaslighting yang sering ditemukan di dalam hubungan --(Sumber : Doc/BETV)

Untuk itu, penting mengetahui tanda-tanda atau ciri-ciri gaslighting pada diri seseorang agar kamu dapat menghindari orang-orang dengan perilaku yang satu ini. 

Lantas apa saja tanda perilku gaslighting pada diri seseorang? Berikut telah BETV rangkum informasinya untuk dapat kamu simak dalam artikel ini. 

BACA JUGA:Jangan Salah Kaprah! Ini 5 Cara Hadapi Orang dengan Sikap Manipulatif

Ciri-ciri Perilaku Gaslighting

1. Meremehkan Perasaan Orang Lain

Tanda pertama yang dapat terlihat pada pelaku gaslighting adalah mereka yang seringkali meremehkan perasaan orang lain dan menganggap jika mereka terlalu sensitif. 

Biasanya pelaku gaslighting ini akan mengecilkan perasaan pasangan atau korban lainnya dan menyalahkan kecurigaan mereka meski kondisi ini bisa saja merupakan kondisi nyata. 

BACA JUGA:Ini 5 Penyebab yang Bikin Seseorang Punya Sisi Manipulatif, Ada Apa Saja?

Bukan hanya itu, pelaku gaslighting ini duga dapat membuatmu merasa tidak nyaman dengan caranya bergurau. Dan jika kamu mengungkapkan perasaan itu, dia hanya akan menjawab jika yang dikatakannya hanyalah lelucon dan kamu tidak sepantasnya marah. 

2. Sering Berbohong

Pelaku gaslighting juga biasanya sering berbohong untuk mencapai tujuannya. Bahkan mereka akan cenderung menganggap jika kebohongan merupakan hal yang biasa. 

BACA JUGA:7 Ciri Orang Manipulatif yang Perlu Kamu Waspadai, Salah Satunya Suka Melebih-lebihkan Perkataan

Pelaku gaslighting ini akan berbohong secara terang-terangan bahkan hingga merubah cerita mereka jika kebohongan tersebut akhirnya terbukti hanya merupakan kebohongan saja. 

Oleh sebab itu berbohong merupakan dasar dari perilaku gaslighting sehingga mereka akan tetap melakukan kehobinga dan berusaha untuk meyakinkan meski orang lain telah menyadari kebohongan tersebut. 

BACA JUGA:Kenali 6 Jenis Sifat Manipulatif, Ada Gaslighting hingga Love Bombing

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: