KPU

Membantu Mengurangi Stres, Cek Manfaat Lain Tanaman Hias untuk Kesehatan

Membantu Mengurangi Stres, Cek Manfaat Lain Tanaman Hias untuk Kesehatan

Ilustrasi. Membantu mengurangi stres, cek manfaat lain tanaman hias untuk kesehatan.--(Sumber Foto: Tim/BETV)

2. Membantu agar lebih fokus

Manfaat dari merawat tanaman hias ini memberikan kebaikan dalam diri, terutama bagi kesehatan tubuh, dibandingkan sekadar memajang tanaman palsu.

BACA JUGA:5 Tanaman Ini Dianggap Bawa Sial Menurut Primbon Jawa, Salah Satunya Pohon Aren, Cek 4 Lainnya di Sini

Sebuah studi sederhana diterbitkan oleh International Journal of Environmental Research and Public Health kepada 24 orang murid sekolah dasar. 

Di mana siswa-siswa itu dimasukkan pada beberapa ruang kelas berbeda. Di setiap kelas akan terisi tanaman hias asli, tanaman palsu, foto tanaman, ataupun tidak ada tanaman sama sekali.

Lalu otak setiap anak akan diamati menggunakan alat electroencephalography (EEG) pada saat belajar pada masing-masing ruangan.

Hasilnya memberikan gambaran bahwa siswa yang punya fokus lebih baik dan cenderung mudah berkonsentrasi, saat para siswa berada di ruangan dengan tanaman yang hidup dibanding di ruang lainnya.

BACA JUGA:6 Tanaman Ini Dianggap Bawa Kebetuntungan Jika Ditanam di Sekitar Rumah, Salah Satunya Tanaman Karet

3. Membantu mengatasi beberapa gangguan mental

Manfaat lain dari merawat tanaman yaitu dapat membantu mengatasi beberapa gangguan mental.

Berdasarkan studi dari Cambridgeshire and Peterborough NHS Foundation, dengan memelihara tanaman bisa membantu mengubah suasana hati pada si penderita depresi, demensia, anxiety, dan juga gangguan mental lainnya.

Walaupun kegiatan tersebut telah dijalankan sejak lama, hanya saja para ahli terapi mental serius dalam agenda itu sebagai terapi yang disarankan.

BACA JUGA:Ternyata Mudah Banget! Ini Cara Mengolah Tanaman Cepokak Menjadi Obat, Dapat Obati Mata Minus

4. Membantu pemulihan setelah sakit

Setelah mengalami sakit, kamu bisa saja tak dapat langsung memelihara tanaman itu. Hanya saja tidak perlu khawatir, bahwa dengan melihat tanaman saja sudah cukup membuatmu dalam proses pemulihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: