dempo

Waspadai 6 Penyakit yang Kerap Muncul di Musim Hujan, Ada Flu hingga Penyakit Kulit

Waspadai 6 Penyakit yang Kerap Muncul di Musim Hujan, Ada Flu hingga Penyakit Kulit

Waspadai 6 penyakit yang kerap muncul di musim hujan, ada flu hingga penyakit kulit--(Sumber Foto: Doc/BETV)

Penyebaran penyakit flu terjadi melalui bersin, batuk ataupun menyentuh benda yang telah terkontaminasi virus. Untuk mencegah penyakit ini, kamu perlu rajin mencuci tangan sehabis menggunakan kamar mandi atau setelah beraktivitas dari luar ruangan. 

BACA JUGA:Marak Terjadi di Musim Hujan, Ketahui Cara Atasi Penyakit Demam Berdarah Ini, Pastikan Cairan Tubuh Terpenuhi!

2. Demam Berdarah

Penyakit demam berdarah seringkali muncul saat musim hujan tiba karena banyak genangan air yang dapat menjadi tempat berkembang biak nyamuk aedes aegypti dan aedes albopictus yang merupakan nyamuk penyebab penyakit ini. 

Demam ini ditandai dari gejala demam dan nyeri otot dalam kurun waktu 2-7 hari. Setelah itu, demam akan mulai turun dan tangan serta kaki akan terasa dingin. Penderita kemudian akan mengalami syok yang membahayakan. 

BACA JUGA:6 Wilayah di Provinsi Bengkulu Berpotensi Diguyur Hujan Tiga Hari ke Depan, Ini Kata BMKG

Untuk mencegah penyakit ini, sebaiknya hindari daerah penuh nyamuk, buang benda-benda yang bisa menyimpan genangan air atau timbun genangan-genangan yang memungkinkan pengembangbiakan nyamuk. 

Pastikan untuk menggunakan obat nyamuk atau kelambu untuk mencegah gigitan nyamuk ini. 

BACA JUGA:Waspada! Seluruh Wilayah Provinsi Bengkulu Berpotensi Diguyur Hujan Selama Libur Idul Adha

3. Tipes

Penyakit yang satu ini dapat muncul saat musim hujan ketika sanitasi buruk dan tubuh terinfeksi bakteri Salmonella typhi atau salmonella paratyphi. 

Kedua bakteri ini dapat menyebar melalui air ataupun makanan yang telah terkontaminasi. Tipes juga dapat menyebar melalui kontak langsung dengan orang yang telah terinfeksi. 

BACA JUGA:Seluruh Wilayah Provinsi Bengkulu Berpotensi Diguyur Hujan dalam 3 Hari ke Depan

Tipes menyebabkan penderita mengalami masalah pencernaan, demam, sakit kepala, mual dan muntah serta hilang nafsu makan. Penyakit ini sama sekali tidak boleh dianggap remeh karena dapat menyebabkan komplikasi serius yang dapat mengancam nyawa. 

4. Leptospirosis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: