dempo

Bumil Wajib Tahu! Ini Manfaat Kalsium untuk Kehamilan, Ampuh Cegah Baby Blues Pasca Melahirkan

Bumil Wajib Tahu! Ini Manfaat Kalsium untuk Kehamilan, Ampuh Cegah Baby Blues Pasca Melahirkan

Bumil wajib tahu! Ini manfaat kalsium untuk kehamilan, ampuh cegah baby blus pasca melahirkan--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Ibu hamil memerlukan nustri ekstra bagi tubuh mereka selama masa kehamilan, manfaat kalsium untuk Ibu hamil menjadi salah satu alasan kenapa nutrisi satu ini penting untuk dikonsumsi. 

BACA JUGA:7 Tanda Tubuh Kekurangan Kalsium, Adanya Masalah Otot hingga Depresi

Kalsium ini berperan untuk menjaga kesehatan ibu dan juga janin yang ada di dalam kandungan sehingga penting untuk memenuhi asupannya selama masa kehamilan ini.  

Bahkan, asupan kalsium ini tak kalah pentingnya dari asam folat bagi ibu hamil. Meski fungsi utama kalsium adalah untuk memperkuat tulang dan gigi, namun kalsium juga mampu mengurangi resiko hipertensi dan preeklamsia. 

BACA JUGA:Waspada! Ini 5 Efek Samping Kelebihan Kalsium pada Tubuh, Bisa Sebabkan Gangguan Jantung

Memenuhi asupan kalsium pada ibu hamil ini dapat dilakukan dengan mengatur pola makan sehat atau dengan mengonsumsi suplemen untuk memperoleh peranan penting ini bagi kesehatan ibu selama masa kehamilan. 

Kalsium ini merupakan mineral yang tidak hanya berperan untuk pembentukan tulang dan gigi namun juga penting untuk proses pembekuan darah, membantu otot untuk berkontraksi termasuk untuk mengatur irama jantung normal dan juga fungsi saraf. 

BACA JUGA:5 Dampak Kekurangan Kalsium yang Tidak Boleh Diabaikan, Bisa Perparah PMS

Bagi ibu hamil, kalsium juga turut berperan untuk membantu pertumbuhan gigi dan tulang janin di dalam kandungan serta untuk perkembangan jantung, saraf, serta otot janin. 

Kebutuhan kalsium bagi ibu hamil berdasarkan angka kecukupan gizi adalah sebanyak 1200 mg per hari untuk usia 19-49 tahun dan berlaku selama trisemester satu, dua, hingga tiga. 

BACA JUGA:Bukan Hanya Susu, Ini 10 Daftar Makanan Sumber Kalsium untuk Jaga Kesehatan Tubuhmu

Sementara itu, angka kebutuhan kalsium pada wanita yang tidak hamil pada udia 19-49 tahun adalah sebesar 1000 mg per harinya. 

Jika angka ini tidak terpenuhi, maka janin akan menyerap kalsium dari tubuh sang ibu sehingga dapat meningkatkan resiko osteoporosis di kemudian hari. 

BACA JUGA:5 Manfaat Kalsium untuk Ibu Hamil, Cegah Preeklamsia hingga Tekan Resiko Baby Blues

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: