dempo

Jangan Nanti-nanti! Cegah Penyakit Demensia Sejak Dini dengan 5 Cara Ini

Jangan Nanti-nanti! Cegah Penyakit Demensia Sejak Dini dengan 5 Cara Ini

Ilustrasi. Cara mencegah penyakit demensia yang dapat terjadi pada siapa saja--(Sumber : Doc/BETV)

BETVNEWS - Kamu perlu mengetahui cara mencegah penyakit demensia dan melakukannya sejak dini karena penyakit yang satu ini seringkali tidak disadari hingga parah. 

BACA JUGA:Waspada Penyakit Demensia yang Turunkan Kualitas Hidup di Masa Tua, Ini Penyebab dan Faktor Resikonya

Tindakan pencegahan ini sebaiknya dilakukan sejak dini lantaran seiring berjalannya waktu dan bertambahnya usia, seseorang memiliki resio terkena demensia. 

Demensia sendiri merupakan penyakit yang terjadi akibat adanya penurunan daya ingat dan cara berpikir. 

BACA JUGA:Kenali Penyakit Demensia yang Bisa Diidap Kalangan Tua dan Muda, Ini Jenisnya

Jika penyakit ini sudah terjadi, maka kondisi ini akan berdampak pada gaya hidup, kemampuan bersosialiasi, serta aktivitas sehari-hari seseorang sehingga lebih baik mencegah agar hal ini tidak terjadi. 

Demensia adalah sekumpulan gejala yang mempengaruhi fungsi kognitif otak dalam mengingat, berpikir, bertingkah laku, dan juga berbicara (berbahasa). 

BACA JUGA:Jadi Penyakit yang Hantui Masa Tua, Ini 4 Cara Mengobati Demensia

Kondisi demensia yang lebih akrab dikenal dengan sebutan penyakit pikun sayangnya seringkali dianggap remeh lantaran mayoritas diidap oleh mereka yang berusia di atas 65 tahun. 

Namun hal ini tidak lantar berarti jika penyakit demensia ini tidak dapat dialami oleh orang yang lebih muda dari usia tersebut. 

BACA JUGA:Jangan Tunggu Kejadian! Cegah Demensia Sejak Dini dengan 5 Cara Mudah Ini

Kamu juga perlu tahu jika meski seringkali dianggap sama, demensia berbeda dengan pikun. Pikun sendiri merupakan perubahan kemampuan berpikir dan mengingat yang biasanya dialami oleh seseorang seiring bertambahnya usia. 

Perubahan yang terjadi ini bisa mempengaruhi daya ingat, namun tidak begitu signifikan serta tidak menyebabkan seseorang bergantung pada orang lain. 

BACA JUGA:5 Tahap Gejala Demensia, Kenali Segera Sebelum Terlambat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: