Penuhi Kebutuhan KB Masyarakat Kota Bengkulu, DP3AP2KB Konsisten Didistribusikan Alkon

Penuhi Kebutuhan KB Masyarakat Kota Bengkulu, DP3AP2KB Konsisten Didistribusikan Alkon

Miliarti, SE. Kepala Bidang (Kabid) Keluarga Berencana (KB)dan Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga (K3) DP3AP2KB Kota Bengkulu. --(Sumber Foto: Jalu/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota BENGKULU konsisten mendistribusikan alat kontrasepsi (Alkon) di fasiltas kesehatan (Faskes) yang ada di Kota BENGKULU.

Miliarti, SE. Kepala Bidang (Kabid) Keluarga Berencana (KB)dan Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga (K3) DP3AP2KB Kota Bengkulu menyebut, hal ini untuk memenuhi kebutuhan KB masyarakat Kota Bengkulu pada 2024.

BACA JUGA:Aksi Demo Darurat di Bengkulu: HMI Peragakan Teatrikal Matinya Demokrasi oleh Keluarga Cemara Jokowi

"DP3AP2KB terus mendistribusikan alat kontrasepsi KB modern dan obat-obatan untuk memenuhi kebutuhan pasangan usia subur yang telah terdaftar di Sistem Informasi Keluarga (SIGA) di kota Bengkulu," sampai Miliarti Kamis 22 Agsutus 2024.

BACA JUGA:Dinas ESDM Terapkan Inovasi SMM kepada Para Pengusaha Pertambangan di Provinsi Bengkulu

Tambah kabid, alokasi alat kontrasepsi dan obat-obatan tersebut didistribusikan ke 51 fasilitas kesehatan di sembilan kecamatan yang ada di Kota Bengkulu. 

"Pembagian alat kontrasepsi dibagikan ke 51 faskes yang sudah ditunjuk dan teregistrasi di BKKBN pusat, faskes yang sudah teregistrasi itu yang kita bagikan alkon sesuai dengan kebutuhan," tambahnya.

BACA JUGA:Maling Motor Terekam CCTV di Tempat Biliard Kota Bengkulu, Korban Rugi Rp40 Juta

Lanjut Meliarti, untuk jadwal pendistribusian Alkon ke setiap kecamatan ada 2 tipe yaitu pendistribusian rutin dan pendistribusian darurat.

"Kalo distribusi rutin dilakukan pada bulan bulan genap seperi Mei atau Juni setiap tahunnya, sedangkan distribusi darurat adalah ketika faskes membutuhkan alkon sebelum jadwal pendisribusian rutin atau stok sudah habis ketika dibutuhkan, maka akan kita kirimkan," sambungnya.

BACA JUGA:Sri Astuti: Dani Hamdani Pelopor Sekolah Islam Terpadu di Provinsi Bengkulu

Berikut rincian jumlah Alkon yang telah disalurkan di semester I dari bulan Januari hingga Juni 2024.

IUD sebanyak 128, kondom sebanyak 70, pil kombinasi 2800, pil progestin 600, implan 1 batang sebanyak 110, implan 2 batang sebanyak 758, suntikan KB I (Vial) 4.240.

(Jalu) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: