Sidang Isbat Penentuan Awal Puasa Ramadhan Bakal Digelar Sore Ini

Sidang Isbat Penentuan Awal Puasa Ramadhan Bakal Digelar Sore Ini

Gambar hanya ilustrasi.--(Sumber Foto: Disway.id/BETV)

Menag Yaqut Cholil Qoumas akan memimpin Sidang Isbat serta akan dihadiri sederet Duta Besar Negara Sahabat, Mahkamah Agung, Komisi VIII DPR RI, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Informasi Geospasial (BIG), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Planetarium, Anggota Tim Hisab Rukyat Kementerian Agama, Lembaga dan instansi terkait, serta Pimpinan Organisasi Kemasyarakatan Islam dan Pondok Pesantren.

BACA JUGA:Pemerintah Arab Saudi Tetapkan 1 Ramadhan pada 23 Maret

Kemenag juga sudah menentukan 124 lokasi titik pemantauan hilal atau rukyatul hilal yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Proses rukyatul hilal bakal dilaukan oleh Kanwil Kementerian Agama serta Kemenag Kabupaten/Kota, yang menjalin kerja sama dengan Peradilan Agama serta ormas Islam dan instansi lain di wilayah setempat.

BACA JUGA:5 Cara Mengatasi Rasa Malas dan Menunda Pekerjaan, Salah Satunya Tentukan Target

Sementara itu, ormas Islam Muhammadiyah sudah menetapkan awal puasa atau 1 Ramadhan 1444 Hijriah pada Kamis, 23 Maret 2023. 

BACA JUGA:Jarang Diketahui, Berikut 3 Manfaat Salak bagi Kesehatan Tubuh

Penetapan awal Ramadhan Muhammadiyah didasarkan pada hasil hisab hakiki wujudul hilal. Hisab tersebut dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: