Naudzubillah! Golongan Manusia Ini Bakal Jadi Bahan Bakar Neraka, Siapa Mereka?

Naudzubillah! Golongan Manusia Ini Bakal Jadi Bahan Bakar Neraka, Siapa Mereka?

Gambar hanya ilustrasi. --(Sumber Foto: Doc/BETV)

BACA JUGA:Ada 5 Bansos Masih Cair Mei 2023 hingga Rp3.000.000, Cek Segera Penerimanya!

Namun beberapa ulama salaf berpendapat bahwa batu itu sebenarnya sejenis belerang.

Abdullah bin Mas'ud mengatakan, "Yaitu batu jenis belerang yang diciptakan Allah SWT ketika Dia menciptakan langit dan bumi di langit terdekat dan disiapkan untuk orang kafir." (Diriwayatkan Ibnu Jarir, Ibnu Abi Hatim, dan al-Hakim dalam al-Mustadrak)

BACA JUGA:Akhir Pekan Ini, BSI Buka Layanan 434 Kantor Cabang

Kemudian ulama lain menilai bahwa batu belerang memiliki lima jenis siksaan yang tidak ada pada batu lain, termasuk kemampuan untuk membakar dengan cepat, kemampuan untuk mengeluarkan asap dalam jumlah banyak, kemampuan untuk melekat kuat pada tubuh, baunya yang sangat busuk, dan kemampuan untuk menjadi sangat panas saat dipanaskan.

Selanjutnya, tuhan-tuhan selain Allah SWT yang disembah seperti berhala dan benda sesembahan lainnya, akan menjadi bahan bakar neraka. 

BACA JUGA:Bentuk Tim Publikasi OPD, Sekda : Sarana Informasi, Peran Tim Publikasi OPD Harus Maksimal

Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT dalam surat Al-Anbiya ayat 98-99, yang artinya:

"Sesungguhnya kamu (orang kafir) dan apa yang kamu sembah selain Allah adalah bahan bakar (neraka) Jahanam. Kamu (pasti) masuk ke dalamnya. Seandainya (berhala-berhala) itu tuhan, tentu mereka tidak akan memasukinya (neraka). Semuanya akan kekal di dalamnya."

BACA JUGA:Helmi Hasan Siap Maju ke Pilgub 2024, Jika Syarat Ini Terpenuhi

Sebaliknya, Imam Syamsuddin Al-Qurthubi berpendapat dalam kitabnya At-Tadzkirah bahwa yang akan menjadi bahan bakar neraka yakni orang muda, orang tua, orang dewasa, serta wanita yang telanjang (tidak menutupi aurat), yang panjang jika merintih.

Dalam surat Al-Waqiah ayat 41–44, Allah SWT menggambarkan panasnya neraka yang artinya sebagai berikut:

"Golongan kiri, alangkah sengsaranya golongan kiri itu. (Mereka berada) dalam siksaan angin yang sangat panas, air yang mendidih, dan naungan asap hitam yang tidak sejuk dan tidak menyenangkan."

BACA JUGA:Perlu Tahu Ini! Ada 3 Golongan Manusia di Yaumul Hisab, Siapa Saja?

Menurut para ahli tafsir, ayat ini menjelaskan hal-hal yang digunakan orang di dunia ini untuk membebaskan tubuh mereka dari sensasi gerah dan panas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: