Ekonomi Provinsi Bengkulu Tumbuh 3,96 Persen Triwulan III, Masih Rendah dari Daerah Lain

Ekonomi Provinsi Bengkulu Tumbuh 3,96 Persen Triwulan III, Masih Rendah dari Daerah Lain

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bengkulu, Win Rizal --(Sumber Foto: Ilham/BETV)

Tiga lapangan usaha yang mengalami pertumbuhan tertinggi adalah Jasa Lainnya sebesar 10.21 persen, Penyediaan Akomodasi dan Makan Minum sebesar 9,93 persen, dan Informasi dan Komunikasi sebesar 9,88 persen.

Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan yang memiliki peran dominan mengalami pertumbuhan sebesar 2,76 persen.

BACA JUGA:Musywil PWPM Bengkulu ke XVIII Digelar Hari Ini, Momentum Lahirkan Ide dan Gagasan Baru

"C-to-c atau kumulatif keseluruhan triwulan I-III 2023 dibandingkan dengan triwulan I-III 2022 bertumbuhan kita sudah mencapai 4,07 persen," jelasnya.

Untuk struktur perekonomian Provinsi Bengkulu triwulan III-2023 masih didominasi oleh lapangan usaha pertanian, kehutanan, dan perikanan sebesar 28,90 persen.

Sedangkan dari sisi pengeluaran masih didominasi oleh komponen pengeluaran konsumsi rumah tangga (PK-RT), yakni sebesar 60,94 persen.

BACA JUGA:Pemkab Bengkulu Tengah, KPU dan Bawaslu Tandatangani NPHD untuk Pemilu 2024

"Untuk sektor pertumbuhan ekonomi Provinsi Bengkulu tumbu positif masih didominasi tiga sektor pertanian 28,9 persen, perdagangan 14 persen dan transportasi 9 persen," terangnya.

Disisi lain, pertumbuhan ekonomi di semua daerah sekarang memang tumbuh, tetapi Provinsi Bengkulu secara y-on-y masih terendah se Sumatera atau di atas Provinsi Aceh dan Provinsi Lampung. Kumulatif dari triwulan I-III 2023 akan dirilis pada akhir tahun.

BACA JUGA:Musywil PWPM Bengkulu ke XVIII Digelar Hari Ini, Momentum Lahirkan Ide dan Gagasan Baru

"Provinsi Bengkulu terendah se Sumatera c-to-c atau angka kumulatif 2023 sebesar 4,07 persen dan memang ekonomi Provinsi Bengkulu terendah," pungkasnya.
(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: