Dol Itu Istimewa, Dempo: Bukan Sekedar Seni dan Budaya Melainkan Juga Olahraga

Dol Itu Istimewa, Dempo: Bukan Sekedar Seni dan Budaya Melainkan Juga Olahraga

Dol memiliki ciri khas sebagai seni musik kebudayaaan Bengkulu yang perlu terus dilestarikan melalui berbagai event dan perlombaan agar para seniman atau musisi Dol mendapatkan eksistensi atas karyanya. --(Sumber Foto: Ilham/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Dol memiliki ciri khas sebagai seni musik kebudayaaan BENGKULU yang perlu terus dilestarikan melalui berbagai event dan perlombaan agar para seniman atau musisi Dol mendapatkan eksistensi atas karyanya. 

Pemerintah Provinsi (Pemprov) bersama Ketua Komisi I DPRD Provinsi Bengkulu, Dempo Xler, S.IP, M.AP dan Bengkulu Ekspres Televisi (BETV) menggelar event Tokok Dol Over Limit Festival di Mega Mall pada Minggu 3 Desember 2023 lalu.

BACA JUGA:Wacanakan Musik Dol Jadi Kreasi Senam, Dempo Xler: Kita Minta Gubernur Buat Surat Edarannya

Dempo Xler menyampaikan, musik Dol harus terus dilestarikan, kedepan musik Dol tidak hanya menjadi musik seni dan budaya tetapi juga menjadi olahraga budaya. Bahkan bisa diusulkan menjadi cabang olahraga (Cabor) tokok Dol yang diperlombakan.

"Tujuan event adalah untuk membangkitkan ekonomi dan melestarikan budaya. Event Tokok Dol Over Limit ini salah satu cara saya memberdayakan teman-teman seniman untuk berkreasi dan tampil. Kedepan gagasan saya musik Dol jadi bagian dari olahraga," ungkap Dempo.

BACA JUGA:Momentum Hari Disabilitas Internasional, Dempo: Pemerintah Harus Jamin Hak Penyandang Disabilitas

Selain itu, Dempo mendorong, agar kebudayaan dan seni seperti musik Dol bisa menjadi pendapatan daerah melalui pelestarian kebudayaan dan kunjungan wisatawan ke Bengkulu. Menurutnya, sumber daya seni dan budayaan tidak pernah habis, hal itu tidak sama dengan sumber daya alam mama perlu dimanfaatkan dengan maksimal.

BACA JUGA:Dempo Xler Minta Pemprov Tertibkan Kecurangan Penyaluran BBM Subsidi di SPBU

"Bagaimana pemerintah memanfaatkan musik Dol menjadi pendapatan daerah karena kita lihat Bali dengan seni dan budaya mereka bisa meningkat pendapatan," ujarnya.

BACA JUGA:Dempo Xler Minta Pemprov Tertibkan Kecurangan Penyaluran BBM Subsidi di SPBU

Dempo yakin perpaduan  pariwisata, seni dan budaya bisa menjadi pendapatan utama Provinsi Bengkulu karena adanya potensi kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat di 10 kabupaten kota se Provinsi Bengkulu yang memiliki ciri khas yang beragam. 

"Bengkulu ini memiliki kebudayaan yang beragam dan ini bisa menjadi sumber pendapatan serta perpaduan dengan pariwisata," pungkas Dempo.

BACA JUGA:Dempo Xler Minta Pemprov Tertibkan Kecurangan Penyaluran BBM Subsidi di SPBU

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: