Wajib Coba! Sederet Kuliner Khas Bengkulu Ini Cocok Dinikmati Saat Kumpul Keluarga

Wajib Coba! Sederet Kuliner Khas Bengkulu Ini Cocok Dinikmati Saat Kumpul Keluarga

Wajib coba! Sederet kuliner khas Bengkulu ini cocok dinikmati saat kumpul keluarga--(Sumber Foto: detikcom)

6. Kue Lepek Biniti

Kue yang satu ini merupakan salah satu jajanan tradisional khas Bengkulu dengan cita rasa manis. Kue Lepek Biniti dibuat dengan bahan dasar tepung ketan yang dicampur dengan bahan-bahan lain seperti santan, garam, daun salam dan lengkuas lalu digiling dengan daging giling yang telah dibumbui dengan rempah. 

Adonan kemudian dibungkus dengan daun pisang muda dan kemudian dikukus hingga matang. 

BACA JUGA:Punya Riwayat Asam Lambung? Hindari 9 Makanan Ini Karena Bisa Jadi Pemicu Hingga Perparah Kondisi

7. Kue Bay Tat

Kue Bay Tat menjadi makanan khas Bengkulu selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan. Kue yang satu ini termasuk makanan yang mewah karena pada zaman dahulu hanya disajikan untuk kalangan ningrat saja. Meski begitu, kamu tidak perlu khawatir karena saat ini kue bay tat bisa dikonsumsi oleh semua kalangan.

Sama seperti kue lainnya, kue ini dibuat dengan bahan-bahan seperti telur, tepung gandum, gula pasir dan mentega. Adonan kue kemudian dipanggang hingga matang. 

BACA JUGA:Jangan Dibuang! Kulit Apel Ternyata Bisa Diolah Menjadi Makanan dan Minuman Lezat Loh, Yuk Cobain Sekarang

Kue bay tat juga dipadukan dengan selai nanas dan terkadang juga ditambahkan keju sehingga kamu akan mendapatkan sensasi rasa manis, gurih, dan sedikit asam saat memakannya.

8. Lema

Makanan khas Bengkulu selanjutnya adalah lema. Jika dilihat sekilas, lema mirip dengan tempoyak. Keduanya juga memiliki cara pembuatan yang mirip, yaitu dengan difermentasikan. 

Meski demikian, Lema memiliki bahan utama yang berbeda dengan tempoyak. Jika tempoyak terbuat dari durian, lema terbuat dari rebung yang dikombinasikan dengan ikan mujair. 

BACA JUGA:Mengenal Makanan Khas Suku Rejang, Lemea dari Bambu Muda yang di Fermentasi

Bahan-bahan tersebut dicampur dan dibungkus dengan daun pisang lalu ditutup rapat dan didiamkan selama beberapa hari. 

Perlu menjadi catatan bahwa makanan yang satu ini memiliki aroma yang cukup menyengat, namun cita rasa yang di tawarkan sangat lezat sehingga bisa membuat ketagihan. Kamu juga perlu tahu jika lema bisa bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: