Wajib Coba! Sederet Kuliner Khas Bengkulu Ini Cocok Dinikmati Saat Kumpul Keluarga

Wajib Coba! Sederet Kuliner Khas Bengkulu Ini Cocok Dinikmati Saat Kumpul Keluarga

Wajib coba! Sederet kuliner khas Bengkulu ini cocok dinikmati saat kumpul keluarga--(Sumber Foto: detikcom)

BACA JUGA:5 Kuliner Khas Rejang Lebong yang Wajib Dicoba, Lengkap dengan Harganya

Bagar hiu dibuat dengan membumbui daging ikan hiu yang telah dibersihkan dengan cabai dan rempah-rempah lalu ditumis dengan matang. Makanan yang satu ini juga dipercaya sebagai salah satu makanan kegemaran Presiden Soekarno pada saat masa pengasingan pada tahun 1939 hingga 1942. 

3. Rebung Asam Undak Liling

Makanan khas Bengkulu yang satu ini terbuat dari campuran keong hitam dan bambu muda atau sering dikenal dengan sebutan rebung. Makanan ini populer di kalangan masyarakat lokal karena cita rasanya. 

Masakan ini termasuk makanan yang masih dimasak dengan cara tradisional sehingga proses pembuatannya memakan waktu cukup lama. 

BACA JUGA:Hati-Hati! Sederet Makanan Ini Tidak Boleh Dikonsumsi Secara Bersamaan Karena Bisa Berdampak Buruk Pada Tubuh

Sebelum memasak, rebung atau bambu muda harus direndam lebih dulu selama beberapa hari untuk mengeluarkan rasa asam dari fermentasi. Setelah itu, barulah rebung dimasak bersama liling atau keong hitam yang biasa ditemukan di sawah. 

4. Lempuk Durian

Provinsi Bengkulu merupakan tempat dimana durian tumbuh subur sehingga banyak makanan yang dibuat dengan bahan dasar raja buah yang satu ini. Salah satunya adalah lempuk durian. Sesuai namanya, makanan ini merupakan makanan yang berbahan dasar durian. 

BACA JUGA:Durian Bengkulu Bisa Diekspor Melalui Jalur Udara

Lempuk durian berbentuk mirip dengan dodol dengan bahan tepung gandum serta buah durian. Makanan ini memiliki tekstur lengket dan kenyal dengan aroma durian kuat dan memiliki cita rasa manis. Lempuk durian cocok untuk dijadikan oleh-oleh setelah kamu mengunjungi Bengkulu. 

5. Tempoyak

Selain lempuk durian, tempoyak juga merupakan makanan yang dibuat dari bahan dasar durian. Tempoyak cukup mudah dibuat karena hanya perlu memfermentasi buah durian. 

BACA JUGA:Bambu Muda Jadi Makanan Khas Suku Rejang, Begini Proses Pembuatannya

Tempoyak biasanya diolah menjadi makanan lain, seperti sambal atau diolah dengan ikan patin sehingga menambah citarasa masakan. Kamu bisa mencicipi makanan yang satu ini jika berkunjung ke Bengkulu untuk mencoba citarasa dari tempoyak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: