Bukan Waktunya Mager, Lakukan Tips Olahraga Ini untuk Tubuh Bugar Meski Berpuasa

Bukan Waktunya Mager, Lakukan Tips Olahraga Ini untuk Tubuh Bugar Meski Berpuasa

Bukan waktunya mager, lakukan tips olahraga ini untuk tubuh bugar meski berpuasa--(Sumber Foto: iStockPhoto)

Kamu juga dapat melalukan olahraga ini dengan frekuensi 3-5 kali dalam seminggu. Olahraga ini tidak hanya untuk membakar kalori, namun juga untuk menghilangkan stress dan meningkatkan kebugaran tubuh. 

BACA JUGA:Beri Tausyiah di Masjid Raya, Gubernur Bengkulu: Puasa Memberikan Manfaat Lahir dan Batin

Meski demikian, pastikan untuk tidak berolahraga terlalu berat agar tubuh tidak dehidrasi. Jika tetap ingin melakukannya, kamu dapat melakukan olahrag berat dalam waktu 1-2 jam setelah berbuka puasa. 

2. Menentukan Waktu Olahraga yang Tepat

Selain memilih jenis olahraga, kamu juga perlu menentukan waktu olaharaga yang tepat. Saat berpuasa, kamu dapat berolahraga dalam waktu 30-120 menit sebelum berbuka puasa agar energi yang digunakan saat berolahraga dapat segera diganti setelah berbuka. 

BACA JUGA:Seluma Punya Spot Menarik untuk Ngabuburit di Bulan Puasa, Berikut 4 Rekomedasi Tempat yang Bisa Dikunjungi

Kamu juga sebaiknya menghindari melakukan olahraga di luar ruangan saat siang hari karena dapat mengakibatkan dehidrasi akibat cairan tubuh yang hilang secara berlebihan. 

3. Jaga Asupan Makanan

Kamu dapat memanfaatkan waktu untuk mengonsumsi makanan yang sehat di antara waktu berbuka puasa hingga sahur untuk dapat beraktivitas dengan baik termasuk melakukan olahraga. 

BACA JUGA:Bisa Jadi Referensi, Inilah Rekomendasi Menu Sahur Agar Kuat Berpuasa di Puasa Pertama Ramadhan 2024

Untuk itu, kamu perlu menjaga asupan makanan yang bergizi seimbang pada waktu makan tersebut dengan porsi yang sesuai yaitu tidak kurang dan juga tidak berlebihan. 

Kamu dapat memilih jenis makanan yang seimbang antara karbohidrat, protein, lemak dan juga serat. Pilihlah karbohidrat komplekas yang dicerna lebih lambat oleh tubuh sehingga dapat membuat kenyang lebih lama. 

BACA JUGA:Sehat dan Lezat, Makanan Ini Wajib Tersaji di Meja Makan Saat Berbuka Puasa

Nutrisi yang dipenuhi saat makan tersebut dapat menjadi cadangan energi saat berpuasa. Untuk memperbaiki jaringan otot yang lelah saat berolahraga kamu dapat mengonsumsi makanan tinggi protein seperti telur, daging dan juga ikan. 

Selain itu, kamu juga sebaiknya menghindari makanan yang mengandung lemak jenuh yang tinggi seperti gorengan dan juga makanan yang terlalu manis. Penting juga untuk tidak melewatkan makan sahur agar memiliki energi yang cukup saat berolahraga. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: