Beri Tausyiah di Masjid Raya, Gubernur Bengkulu: Puasa Memberikan Manfaat Lahir dan Batin

Beri Tausyiah di Masjid Raya, Gubernur Bengkulu: Puasa Memberikan Manfaat Lahir dan Batin

Gubernur Provinsi Bengkulu, Rohidin Mersyah memberikan tausyiah dalam tarawih perdana di Masjid Raya Baitul Izzah, Senin 11 Maret 2024.--(Sumber Foto: Jalu/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Gubernur Provinsi BENGKULU, Rohidin Mersyah memberikan tausyiah dalam tarawih perdana di Masjid Raya Baitul Izzah, Senin 11 Maret 2024.

Gubernur mengajak jamaah tarawih untuk bersyukur karena masih diberi kesempataan untuk bertemu dengan bulan kemulian yaitu Ramadan 1445 H.

BACA JUGA:Ikuti Langkah Ini! 4 Cara Mudah Memaafkan Diri Sendiri, Salah Satunya Berpikir Positif

"Alhamdulillah bersyukur tahun ini kita bisa bertemu bulan Ramdhan dalam kondisi normal, kita ingat bagaimana 2-3 tahun lalu ketika wabah pandemi melanda. Jangankan Tarawih, sholat berjamaah pun dibatasi," sampainya kepada jamaah Tarawih Masjid Raya Baitul Izzah.

BACA JUGA:Cukup Amalkan Sholawat Kamilah Ini Setiap Hari, Insya Allah Kesulitan Hidup Akan Dimudahkan

Selain itu, Gubernur juga mengajak masyrakat untuk memakmurkan masjid. Karena masjid merupakan pusat dari pemberdayaan masyarkat dalam hal peneguhan dan perbaikan ahlak.

"Mengoptimalkan peran kita sebagai khalifah di muka bumi yaitu sebagai penyalur rizki kepada hamba atau kepada mahluk Allah lainnya. dan sebagai abdillah kita juga harus tunduk kepada perintah dan ketentuan Allah SWT. Namun, keterpaduan dua hal yang paradoks ini yang menjadikan manusia bisa disebut sebagai wakil Tuhan di muka bumi," tambahnya.

BACA JUGA:Karena Hal Ini! Aisyah Istri Nabi Muhammad SAW Difitnah, Begini Kisahnya

Lanjutnya, selain memiliki dimensi spritual, puasa juga memiliki dimensi sosial. Dimana puasa melatih sesorang untuk menjadi lebih peka dan menumbuhkan empati kepada sesama manusia yang membutuhkan pertolongan. 

BACA JUGA:Baca Doa Ayat Kursi Ini Auto Rezeki Makin Berlimpah, Cek Keutamaan Lainya di Sini!

Gubernur juga menyebut jika ditilik dari sisi medis dan kesehatan, puasa yang dilakukan dengan benar akan mengeluarkan racun dalam tubuh, sehingga tubuh menjadi lebih sehat.

Dengan demikian, menurut Gubernur Bengkulu, puasa akan memberikan manfaat untuk kesehatan lahir dan batin manusia. 

BACA JUGA:Keputusan Bawaslu Provinsi Bengkulu soal Penghitungan Ulang di Benteng Dilaporkan ke DKPP

"Selain fisik, batin juga akan sehat ketika kita berpuasa. Segala penyakit hati juga akan lenyap. Dimana yang muncul setelahnya adalah rasa empati kepada sesama, maka bisa diambil kesimpulan bahwa puasa bukan lagi kewajiban namun suatu kebutuhan manusia," tuturnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: